Tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa. Jalan  tol ini membentang antara Pelabuhan Merak, Cilegon, di Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur. Total panjang Tol Trans Jawa mencapai 1.240,84 kilometer (Km).
Nasional

Waskita Karya (WSKT) Targetkan Perbaikan Tol Trans Sumatra Rampung Sebelum Lebaran

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menargetkan perbaikan pada jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) rampung sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri pada 2022.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menargetkan perbaikan pada jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) rampung sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri pada 2022.

Dua ruas tol yang sedang diperbaiki saat ini ialah ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dan ruas Kayu Agung-Palembang-Betung.

Director of Operation II Waskita Karya Bambang Rianto menyampaikan, tim proyek fokus mengerjakan bagian ruas tol yang mengalami kerusakan. Dirinya berharap agar arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terkait perbaikan ruas tol tersebut dapat diselesaikan.

"Tim proyek perbaiki jalan tol yang mengalami kerusakan agar standar pelayanan minimum (SPM) jalan tol terpenuhi dan dapat menjamin keselamatan pengendara jalan tol, serta menunjang mobilisasi masyarakat pada saat arus mudik lebaran," kata Bambang Rianto dalam keterangan resmi, Senin, 7 Maret 2022.

Ia mengatakan, seluruh pekerjaan perbaikan permanen yang bersifat rigid pavement hingga flexible pavement akan selesai pada April 2022.

Di sisi lain, jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung tahap 1 sepanjang 42,5 kilometer (km) juga akan diperbaiki secara menyeluruh.

Tol yang dikelola anak usaha Wakita Toll Road, PT Waskita Sriwijaya menargetkan penutupan seluruh lubang pada badan jalan yang teridentifikasi di ruas Tol Kapal Betung selesai dengan cepat. 

Penutupan lubang akan dilakukan menggunakan aspal coldmix baro-baro dari Korea Selatan dalam Waktu 1x24 jam. Target tersebut sudah melebihi SPM pemeliharaan jalan tol sebanyak 2x24 jam.