<p>Jalan tol / Waskita.co.id </p>
Nasional

Waskita Toll Road Mulai Operasikan Jalan Tol Becakayu Seksi 1A

  • JAKARTA – Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) seksi 1A yang terhubung dengan Jalan Tol Wiyoto Wiyono Sisi Barat sepanjang 3,5 kilometer (km) dan Seksi  1B on Ramp Jatiwaringin mulai beroperasi pada Sabtu, 13 Maret 2021. PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) pemilik konsesi Tol Becakayu menyatakan tol ini dapat menjadi alternatif bagi pengguna jalan khususnya […]

Nasional
Reky Arfal

Reky Arfal

Author

JAKARTA – Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) seksi 1A yang terhubung dengan Jalan Tol Wiyoto Wiyono Sisi Barat sepanjang 3,5 kilometer (km) dan Seksi  1B on Ramp Jatiwaringin mulai beroperasi pada Sabtu, 13 Maret 2021.

PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) pemilik konsesi Tol Becakayu menyatakan tol ini dapat menjadi alternatif bagi pengguna jalan khususnya dari Bekasi-Tanjung Priok dan sekitarnya dengan jarak tempuh lebih dekat. KKDM merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mayoritas sahamnya dimiliki Waskita Toll Road (WTR).

Direktur Utama Waskita Toll Road (WTR) Septiawan Andri Purwanto mengatakan jalan tol Becakayu merupakan bagian dari jaringan jalan tol layang (elevated) sepanjang 16,02 km dan terdiri atas dua seksi.

Septiawan mengungkapkan ruas tol ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk dapat mengurai kemacetan lalu lintas kota Jakarta dan Bekasi.

“Kami terus berupaya dapat menyelesaikan konstruksi sisanya sepanjang 4,1 km sesuai rencana melalui dukungan para pemangku kepentingan,” ungkap Septiawan, dalam keterangan resmi, Sabtu 13 Maret 2021.

Direktur Utama KKDM Tukijo mengatakan terkoneksinya ruas tol Becakayu dengan ruas tol Wiyoto Wiyono dapat menambah jumlah trafik yang saat ini menurun. Hal itu terjadi karena kebijakan pemerintah berupa pembatasan kegiatan sosial berskala besar (PSBB).

“Dengan dioperasikannya lintas tol tersebut, pengguna jalan tol Becakayu yang masuk dari gerbang tol Jakasampurna, gerbang tol Pondok Kelapa-2 dan gerbang tol Jatiwaringin-2 ke arah Tanjung Priok melalui Tol Wiyoto Wiyono dapat langsung melakukan transaksi tol di gerbang tol Pisangan tanpa harus keluar dahulu di Off Ramp DI. Panjaitan,” jelasnya.

Konstruksi ruas tol ini dimulai sejak Agustus 2016 dan terdiri dari dua seksi yang terbagi jadi beberapa bagian, yaitu seksi Casablanca-Cipinang-Jatiwaringin-Jakasampurna dan seksi Jakasampurna-Ahmad Yani Bekasi.

Ia menambahkan sebelumnya seksi 1A dan 1B ditargetkan beroperasi pada pertengahan 2020. Akan tetapi, mengalami kemunduran disebabkan masalah lahan dan adanya pandemi COVID-19