Cara Mendinginkan HP yang Panas, Bantu Cegah Ponsel Rusak!
Tekno

Waspada! 5 Tanda iPhone Anda Disadap oleh Seseorang

  • Inilah beberapa ciri-ciri iPhone yang sedang disadap yang harus Anda waspadai.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kemajuan teknologi seperti adanya smartphone tampaknya telah menjadi anugerah, tapi di satu sisi juga membawa kutukan. Perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, dan sebagainya telah membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah. 

Akan tetapi, gadget atau perangkat tersebut ternyata juga dapat diretas oleh penjahat dunia maya dan mengungkap semua informasi sensitif kita. Salah satu malware yang perlu diwaspadai adalah spyware.

Spyware ini ternyata dapat digunakan untuk menyusup iPhone atau ponsel Android secara diam-diam dan kompatibel dengan sebagian besar versi sistem operasi. Spyware tidak hanya dapat membaca pesan teks dan mencuri password dari perangkat yang digunakannya, tapi juga dapat melacak lokasi dan panggilan serta mengakses mikrofon dan kamera pada perangkat.

Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati, salah satunya dengan mengetahui apakah iPhone Anda disadap oleh seseorang. Berikut penjelasannya.

Ciri-ciri iPhone yang Disadap 

Ciri-ciri iPhone yang Disadap 

Berikut beberapa ciri-ciri yang menandakan bahwa iPhone Anda sedang disadap.

1. Baterai Cepat Habis dan iPhone Jadi Panas

Salah satu indikasi utama iPhone yang sedang diretas atau terinfeksi spyware adalah saat iPhone mengalami penurunan daya baterai yang parah. Saat suatu software melacak dan memantau panggilan telepon serta pesan teks Anda, Anda akan melihat baterai jadi lebih cepat habis dan ponsel mungkin lebih panas. Anda juga dapat memeriksa aplikasi apa saja yang paling banyak menggunakan baterai, melalui pengaturan di iPhone.

2. Peningkatan Penggunaan Data

Anda dapat memeriksa data yang dikonsumsi oleh aplikasi di iPhone untuk mendeteksi adanya penggunaan data yang tidak normal. Jika Anda tiba-tiba kehabisan data seluler, hal itu bisa menjadi suatu indikasi bahwa suatu layanan rahasia mungkin menggunakan data di ponsel Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi dan menyingkirkannya.

3. Ada Aplikasi yang Tidak Anda Kenali

Jika baru-baru ini Anda menemukan aplikasi apapun di iPhone yang tidak Anda instal, hal itu mungkin bisa menjadi petunjuk bahwa iPhone Anda sudah terinfeksi oleh spyware. Tidak hanya bloatware, beberapa aplikasi tersebut mungkin disamarkan dengan menggunakan nama sederhana atau disembunyikan. Oleh karena  itu, penting untuk selalu memeriksa aplikasi apapun yang tidak Anda kenali dan segera uninstall.

4. Muncul Iklan Pop-up

Munculnya aplikasi acak di iPhone Anda bisa berarti ada adware di iPhone. Oleh karena itu, hati-hati jika Anda melihat iklan tersebut dan link yang mengarahkan Anda ke situs web lain atau meminta Anda membayar untuk menghilangkan virus tersebut.

5. Aplikasi yang Telah Diunduh

Apakah Anda pernah mengunduh aplikasi apapun baru-baru ini tanpa melakukan verifikasi? Jika iya, Anda perlu berhati-hati.

Anda harus mengetahui bahwa banyak aplikasi baik di App Store dan Google Play Store yang membawa kode berbahaya di dalamnya yang dapat memata-matai dan mencuri uang Anda. Anda juga harus segera memeriksa ponsel secara menyeluruh lalu melakukan uninstall aplikasi tersebut.

Itu tadi beberapa ciri-ciri iPhone yang sedang disadap yang harus Anda waspadai.