Awas! Inilah Bahaya Mengecek Smartphone Saat Bangun Tidur
Tekno

Waspada! Ada Malware Daam yang Mengincar Ponsel Android Anda

  • Inilah penjelasan mengenai malware Daam yang dapat menyerang ponsel Android sekaligus cara mencegahnya.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Malware adalah istilah umum yang mengacu pada semua jenis software atau perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak atau mengeksploitasi perangkat, layanan, atau jaringan apapun yang dapat diprogram.

Penjahat cyber atau dunia maya biasanya menggunakan malware untuk melakukan ekstraksi data yang mereka manfaatkan dari korban untuk meraih keuntungan finansial. Data yang diekstrak tersebut bisa data seputar keuangan, catatan perawatan kesehatan, email, password pribadi, dan sebagainya. 

Baru-baru ini The Indian Computer Emergency Response Team mengeluarkan peringatan bahwa terdapat malware Android baru bernama Daam. Seperti yang dilansir dari laman India Today, tim tersebut mengklaim bahwa malware Daam mampu meretas perangkat Android dan mencuri data sensitif.

Apa Itu Malware Daam?

Malware Daam adalah sebuah malware Android baru yang diketahui mampu melewati pemeriksaan keamanan ponsel. Malware tersebut dapat mencuri data sensitif dari ponsel dan mengakses berbagai izin penting.

Selain itu, malware Daam mampu meretas call log, mengubah password ponsel, dan masih banyak lagi. Setelah malware tersebut menyebar ke perangkat, maka malware dapat mengontrol ponsel dari jarak jauh.

Malware Daam dapat menyebar melalui berbagai file APK Android. Malware tersebut juga akan menginfeksi perangkat saat diunduh dari sumber yang tidak dipercaya, atau tidak dikenal yang kerap ditemukan di situs web atau aplikasi pihak ketiga.

Cara Mencegah Terkena Malware Daam

Untuk melindungi ponsel Android Anda dari malware Daam, ikuti beberapa cara berikut ini.

  1. Jangan download aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya atau tidak dikenal.
  2. Instal aplikasi hanya yang berasal dari Google Play Store atau toko aplikasi terpercaya lainnya.
  3. Jangan lupa untuk selalu perbarui perangkat Android Anda. Pembaruan sistem akan memberikan lapisan tambalan keamanan terbaru.
  4. Instal aplikasi antivirus terbaik dan terus perbarui.
  5. Berhati-hatilah saat mengklik tautan atau mengunduh lampiran dari sumber yang tidak dikenal.
  6. Cadangkan data Anda secara teratur untuk mencegah kehilangan data jika terjadi serangan malware.

Itu tadi penjelasan mengenai malware Daam yang dapat menyerang ponsel Android sekaligus cara mencegahnya.