Sejumlah calon jamaah haji 2002 menjalani PCR tes sebagai salah satu syarat yang diberikan Pemerintah Saudi, Jumat 3 Juni 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

Waspada! COVID-19 Varian Arcturus Ditemukan di Indonesia

  • Varian COVID-19 Arcturus telah ditemukan di Indonesia. Hal ini setelah ada 2 pasien yang konfirmasi positif COVID-19 varian Arcturus yang terdiri dari 1 Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan 1 kasus transmisi lokal.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Varian COVID-19 Arcturus telah ditemukan di Indonesia. Hal ini setelah ada 2 pasien yang konfirmasi positif COVID-19 varian Arcturus yang terdiri dari 1 Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan 1 kasus transmisi lokal.

Varian Arcturus sendiri adalah subvarian dari Omicron yang diduga memiliki daya tular yang sangat tinggi. Gejala COVID-19 yang ditimbulkan akibat varian Arcturus adalah gejala yang cenderung sama seperti flu.

Oleh karena itu, varian Arcturus berpotensi menyebabkan lonjakan kasus COVID-19 dalam waktu relatif singkat. Hal ini telah terjadi di India dan sejumlah negara terjangkit.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI melalui postingan akun Instagramnya mengajak masyarakat terutama kelompok rentan agar tetap hati-hati dan waspada. 

Anda juga perlu meningkatkan perlindungan diri dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan menyegerakan vaksinasi COVID-19 agar tetap terlindungi secara optimal.