Laptop
Tekno

Waspada! Ekstensi ChatGPT Palsu di Chrome Ini Dapat Mencuri dan Meretas Facebook Anda

  • Baru-baru ini ekstensi Chrome berbahaya yang mengklaim dirinya sebagai ekstensi chatbot OpenAI ChatGPT mencuri kredensial Facebook dari pengguna.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) tampaknya akhir-akhir ini sedang trending. Tidak mengherankan jika banyak orang menyukainya karena dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Maraknya kecerdasan buatan ini juga telah membawa berbagai kemajuan teknologi salah satunya adalah perkembangan chatbot. Chatbot sendiri adalah suatu program komputer yang dirancang untuk meniru percakapan manusia. 

Chatbot menjadi semakin populer beberapa waktu terakhir di mana yang paling populer di pasaran adalah ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI. Namun, keberhasilan ChatGPT ini juga telah menarik para peretas jahat yang menggunakan banner ChatGPT untuk menipu pengguna internet yang tidak waspada.

Seperti yang dilansir dari laman GizChina, baru-baru ini ekstensi Chrome berbahaya yang mengklaim dirinya sebagai ekstensi chatbot OpenAI ChatGPT mencuri kredensial Facebook dari pengguna. 

Ekstensi palsu bernama ‘Quick access to Chat GPT’ ini menargetkan pengguna browser Google Chrome. Setelah dipasang, ekstensi akan meretas akun Facebook pengguna dan mengubahnya menjadi bot periklanan. 

Peretas kemudian akan mempublikasikan pesan bersponsor dan aktivitas sosial lainnya atas nama profil korban serta menghabiskan kredit dari akun profesional.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk berhati-hati saat mengunduh ekstensi browser dan untuk memastikan bahwa ekstensi tersebut berasal dari sumber yang memiliki reputasi baik. 

Ekstensi berbahaya dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada data pribadi Anda dan bahkan akun keuangan Anda. Dalam kasus khusus ini, ekstensi ChatGPT palsu mencuri kredensial Facebook dan menggunakan akun yang disusupi untuk tujuan periklanan. 

Untuk itu, sebaiknya Anda segera menghapus ekstensi yang mencurigakan atau tidak sah untuk melindungi keamanan dan privasi online Anda. Penting juga untuk selalu memperbarui browser dan perangkat lunak keamanan Anda untuk menghindari menjadi korban kampanye jahat semacam itu.