Cara Mencegah Media Sosial Memicu Anda Menghabiskan Banyak Uang
Gaya Hidup

Waspada! Ini 5 Efek Negatif Media Sosial Terhadap Pengguna

  • Inilah beberapa efek negatif dari media sosial yang perlu Anda ketahui.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Media sosial tampaknya sudah tidak bisa terpisah dari kegiatan kita sehari-hari. Namun, jika Anda tidak dapat membayangkan hidup tanpa media sosial, mungkin hal ini sudah bisa jadi pertanda bahwa Anda menjadi seseorang yang terpengaruh adanya media sosial.

Meski memiliki banyak manfaat, ternyata media sosial juga dapat menimbulkan efek negatif yang dapat mempengaruhi kehidupan pengguna. Berikut penjelasannya.

Efek Negatif Media Sosial Terhadap Pengguna

Efek Negatif Media Sosial Terhadap Pengguna

1. Menimbulkan depresi dan kecemasan

Apakah Anda sering menghabiskan waktu dengan scrolling media sosial? Jika iya, maka ada baiknya jika Anda mulai belajar menghentikannya.

Hal ini karena menghabiskan waktu terlalu lama di situs jejaring sosial dapat mempengaruhi suasana hati dan dapat menimbulkan gejala kecemasan serta depresi.

2. Cyberbullying

Sebelum ada media sosial, bullying atau perundungan biasanya dilakukan secara tatap muka. Namun sekarang ketika sudah ada media sosial, banyak orang yang melakukan perundungan secara online, baik menggunakan akun anonim atau akun personal. 

3. Menimbulkan kebiasaan tidur yang tidak sehat

Tidak hanya menyebabkan kecemasan dan depresi, media sosial juga dapat membuat Anda menghabiskan terlalu banyak hanya untuk melihat postingan atau konten orang lain. Hal ini tentunya dapat menyebabkan kurang tidur dan berdampak negatif pada kualitas tidur Anda.

4. Menyebabkan FOMO

FOMO saat ini seolah menjadi hal yang biasa terjadi di media sosial. Bahkan FOMO justru menjadi strategi marketing agar banyak orang takut ketinggalan dan segera membeli berbagai produk yang dijual.

Namun, FOMO ini juga menimbulkan kecemasan, apalagi ketika Anda takut kehilangan pengalaman positif seperti yang dialami oleh orang lain.

5. Menimbulkan harapan yang tidak realistis

Media sosial ternyata ikut membentuk harapan hidup yang tidak realistis dalam pikiran kita. Kita mengagumi postingan orang lain di media sosial tanpa mengetahui kenyataannya yang terjadi.

Itu tadi beberapa efek negatif dari media sosial yang perlu Anda ketahui.