Ponsel
Tekno

Waspada! Ini 7 Cara Mencegah Ponsel atau Komputer Terkena Spyware

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah ponsel atau perangkat terkena spyware.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Ada banyak jenis malware yang menyerang berbagai perangkat online, salah satunya adalah spyware. Spyware adalah malware yang sangat pandai menyembunyikan diri.

Biasanya, spyware akan menempelkan dirinya ke sistem operasi dan berjalan di latar belakang sebagai memory-resident program. Kadang-kadang, spyware juga menyamar sebagai file yang tidak berbahaya dan tampak menjadi bagian penting dari sistem operasi perangkat.

Spyware ini ini dapat diinstal pada perangkat apapun, seperti PC atau laptop, tablet, iPhone atau smartphone Android. Biasanya spyware lebih menargetkan komputer, tapi sekarang spyware juga bisa ditemukan di ponsel Android, iPhone, dan tablet.

Mengapa Spyware Menginfeksi Perangkat Anda?

Mengapa Spyware Menginfeksi Perangkat Anda?

Ada beberapa cara spyware menginfeksi perangkat Anda. Spyware bisa dipasang dengan sengaja oleh orang lain untuk melacak Anda. Itulah salah satu alasan mengapa Anda perlu menggunakan screen lock di ponsel dan jangan biarkan ponsel jadi rentan terhadap gangguan.

Pada umumnya, spyware menyertai program atau aplikasi yang Anda instal di perangkat. Spyware sering menyertai program yang disamarkan sebagai perangkat lunak yang berguna, seperti download manager, registry cleaners, dan sebagainya. 

Terkadang, spyware juga dikemas dengan video game, bahkan mungkin dikemas dalam bundel perangkat lunak dengan program yang terlihat sangat berguna. Meskipun Apple dan Google melakukan yang terbaik untuk mencegah spyware mengenai sistem operasi mereka, paket bundel dengan spyware yang disertakan telah berhasil masuk ke Google Play Store, jadi tampaknya Anda tidak bisa terlalu berhati-hati.

Spyware juga bisa disebarkan melalui phishing, di mana ada email dengan tautan yang ketika diklik akan secara otomatis mengunduh program mata-mata. Anda mungkin juga terinfeksi oleh spyware melalui situs web palsu yang mengaku milik organisasi terkemuka tetapi sebenarnya palsu dan link tersebut akan membuat perangkat Anda mengunduh spyware atau menginstalnya di browser Anda.

Cara Mencegah Terkena Serangan Spyware

Cara Mencegah Terkena Serangan Spyware

Berikut beberapa cara untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena spyware di komputer atau smartphone Anda.

  1. Selalu perbarui sistem operasi dan perangkat lunak Anda. Tambahan keamanan reguler membantu memperbaiki titik lemah yang dapat digunakan peretas untuk masuk.
  2. Gunakan screen lock pada smartphone Anda dan gunakan kata sandi yang kuat di komputer Anda untuk menghentikan akses ilegal.
  3. Batasi hak istimewa administrator di komputer atau ponsel Anda. Jika Anda menjalankan PC Anda sebagai administrator atau dengan akses root, Anda membuat pekerjaan menginstal spyware jauh lebih mudah.
  4. Hindari melakukan root pada ponsel Android atau melakukan jailbreak pada iPhone. Hal ini karena kedua hal tersebut akan membuat Anda jadi rentan terhadap spyware. Lakukan kedua hal tersebut jika Anda benar-benar membutuhkannya saja.
  5. Jangan gunakan Wi-Fi di tempat umum. Jika Anda memang membutuhkannya, pastikan Anda menggunakan VPN untuk melindungi keamanan data Anda.
  6. Perhatikan baik-baik izin yang Anda berikan kepada aplikasi saat Anda install aplikasi, terutama jika mereka meminta izin untuk mengakses mikrofon, kamera, ponsel, atau data pribadi. Jika aplikasi menginginkan lebih banyak informasi daripada yang tampaknya masuk akal, misalnya game Sudoku yang menginginkan akses ke kamera Anda, maka aplikasi tersebut bisa jadi mengandung muatan spyware.
  7. Jangan mengeklik tautan atau link dalam email kecuali Anda yakin tahu ke mana tautan itu mengarahkan Anda. Jangan mengunduh file dari jaringan berbagi file yang mencurigakan, karena kemungkinan besar file tersebut telah disusupi.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah ponsel atau perangkat terkena spyware.