Tips Belanja Online Sesuai Anggaran Saat Harbolnas 11-11
Gaya Hidup

Waspada! Ini Trik e-commerce Agar Anda Habiskan Uang Lebih Banyak Saat Belanja Online

  • Inilah trik yang dilakukan e-commerce agar Anda menghabiskan lebih banyak uang saat belanja online
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Berbelanja dengan cara online menggunakan e-commerce kini menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Hal ini karena sudah banyak aplikasi e-commerce yang tersedia dan mudah dipasang di smartphone.

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah menemukan berbagai barang yang Anda butuhkan tanpa harus keluar rumah dan barang yang Anda beli akan langsung diantar ke rumah Anda. 

Namun, ada trik yang dilakukan e-commerce agar Anda menghabiskan uang lebih banyak saat belanja online. Berikut beberapa hal yang perlu Anda waspadai agar keuangan tetap stabil dan tidak boros.

Gratis Ongkos Kirim

Menurut seorang ‘retail geek’ dan pembawa acara podcast e-commerce The Jason & Scot Show, Jason Goldberg, gratis ongkos kirim merupakan taktik yang paling efektif untuk menarik pembeli. Para pengecer memahami bahwa dengan memberi penawaran gratis ongkos kirim akan membuat banyak pembeli memilih berbelanja di tokonya. 

Namun, sering kali penawaran ini memberikan syarat yaitu pengiriman gratis dengan pembelian minimum tertentu. Itu artinya, pembeli diharuskan untuk membeli barang sampai jumlah harga minimum agar bisa mendapatkan gratis ongkos kirim. Ternyata, kebanyakan orang justru lebih suka menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli barang-barang yang tidak mereka butuhkan daripada harus membayar biaya pengiriman.

Persediaan Terbatas

Prinsip kelangkaan akan membuat konsumen akan segera menekan tombol ‘beli’ saat mengetahui barang tersebut hanya dijual dalam stok terbatas dan akan segera terjual habis. Trik tersebut menciptakan sensasi urgensi yang akan membuat pembeli merasa harus segera membelinya agar tidak kehabisan. 

Tidak hanya itu, terkadang penjual juga akan memberikan label ‘must have’ yang akan membuat pembeli jadi merasa bahwa barang tersebut harus segera dimiliki.

Countdown Timer

Beberapa online shop atau e-commerce memberikan fitur flash sale dengan menyertakan countdown timer. Hal itu akan membuat pembeli yang melihat ingin segera membelinya agar tidak kehabisan kesempatan untuk mendapatkan barang dengan harga lebih murah. 

Selain itu, countdown timer juga akan menciptakan perasaan bahwa waktu akan segera habis dan menggunakan prinsip kelangkaan sehingga pengguna e-commerce merasa cemas dan serasa mendapat tekanan untuk segera mendapatkan penawaran yang bagus selagi bisa.

Pembayaran Sekali Klik

Anda harus berhati-hati saat berbelanja di situs belanja online yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi dan membayar lebih cepat. Meskipun tidak ada yang salah dengan proses checkout yang cepat, penjual sebetulnya tahu bahwa dengan menghilangkan waktu untuk mempertimbangkan pembelian di keranjang belanja, akan membuat pengguna membeli lebih cepat dan lebih banyak barang. 

Beli Lebih Banyak Dapat Diskon Lebih Besar

Anda tentu sering melihat pengumuman di beberapa online shop, yang akan memberikan Anda diskon lebih besar jika membelanjakan lebih banyak. Meski begitu, jangan langsung percaya terhadap penawaran ini. Jika Anda ingin lebih hemat, sebaiknya Anda memeriksa harga produk tersebut pada penjual online yang berbeda.