Tonga Terkena Tsunami, Inilah yang Harus Dilakukan Saat Tsunami Datang
Gaya Hidup

Waspada, Inilah yang Harus Dilakukan Saat Tsunami Datang

  • Letusan gunung berapi bawah laut di Tonga menyebabkan tsunami. Berikut hal yang harus dilakukan saat terjadi tsunami.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Sebuah letusan gunung berapi bawah laut di Tonga menyebabkan tsunami pada Sabtu, 15 Januari 2022. Letusan tersebut membuat Jepang dihantam tsunami pada Minggu 16 Januari 2022 ini.

Seperti yang dilansir dari laman Kyodo News, Badan Meteorologi Jepang mengatakan bahwa tsunami setinggi 3 meter mungkin akan melanda beberapa pulau barat daya Jepang termasuk Pulau Amami serta prefektur timur laut Iwate. Sebanyak lebih dari 210.000 penduduk juga didesak untuk segera pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Tidak hanya Jepang, Indonesia juga pernah mengalami tsunami. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja yang harus dilakukan jika suatu saat ada tsunami.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan untuk menghadapi tsunami.

Saat Anda merasakan gempa yang sangat kuat dan goncangan berhenti, segera kumpulkan anggota rumah Anda lalu rencanakan evakuasi. Hal ini karena tsunami akan segera datang dalam beberapa menit.

Ikuti instruksi yang dikeluarkan oleh otoritas setempat. Rute evakuasi yang disarankan mungkin akan berbeda dengan yang Anda rencanakan, tapi kemungkinan Anda tetap disarankan untuk mendaki ke posisi lebih tinggi.

Jika Anda mendengar peringatan tsunami resmi atau mengetahui tanda-tanda tsunami, segera mengungsi. Peringatan tsunami akan dikeluarkan ketika pihak berwenang yakin bahwa ada ancaman tsunami dan mungkin hanya menyisakan sedikit waktu untuk menyelamatkan diri.

Anda juga perlu menyiapkan kit darurat yang berisi perbekalan yang dapat mendukung kehidupan Anda. Jika Anda mengungsi, bawalah hewan Anda.

Anda perlu untuk menuju ke tempat yang lebih tinggi dan lebih masuk ke pedalaman jika mungkin. Jika Anda masih bisa menyaksikan tsunami dari pantai atau tebing, itu artinya Anda masih dalam bahaya. 

Anda perlu untuk menghindari kabel listrik yang tumbang dan menjauhlah dari bangunan dan jembatan tempat benda berat bisa jatuh saat terjadi gempa susulan.

Jika tsunami sudah mereda, sebaiknya segera beritahu teman dan keluarga bahwa Anda aman. Jika Anda ikut dievakuasi, maka Anda bisa kembali saat pihak berwenang mengatakan aman untuk melakukannya.