Waspada Modus Kejahatan Carding Bikin Isi Rekening Langsung Habis, Ini Cara Mencegahnya
Gaya Hidup

Waspada Modus Kejahatan Carding Bikin Isi Rekening Langsung Habis, Ini Cara Mencegahnya

  • Carding adalah suatu bentuk penipuan atau kejahatan dengan melakukan transaksi menggunakan nomor dan kartu orang lain. Pelaku carding biasanya mendapatkan data rekening dan kartu secara ilegal. Ini cara mencegahnya
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Carding adalah suatu bentuk penipuan atau kejahatan dengan melakukan transaksi menggunakan nomor dan kartu orang lain. Pelaku carding biasanya mendapatkan data rekening dan kartu secara ilegal.

Carding biasanya melibatkan pelaku yang memegang kartu curian yang memiliki informasi kartu orang lain kemudian dijual kepada orang lain atau digunakan untuk membeli barang yang dapat dijual secara tunai.

Pelaku tindak kejahatan carding biasanya akan meretas dengan mendapatkan akses ke sistem pemrosesan kartu kredit toko atau situs web. Kemudian, peretas akan mendapatkan daftar kartu kredit atau debit yang baru-baru ini digunakan untuk melakukan pembelian.

Peretas biasanya akan mengeksploitasi kelemahan dalam perangkat lunak dan teknologi keamanan yang berfungsi untuk melindungi rekening kartu kredit. Pelaku mungkin juga bisa mendapatkan informasi kartu kredit dengan menggunakan pemindai untuk menyalin kode dari strip magnetik. 

Ada beberapa jenis carding yang wajib Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

Penyalahgunaan Kartu

Biasanya pemilik kartu tidak sadar jika kartunya sudah disalahgunakan. Hal ini karena pelaku beraksi dengan sangat rapi.

Wiretapping

Pelaku melakukan penyadapan sehingga dapat memperoleh informasi pribadi yang bisa merugikan korban.

Phishing

Pelaku mengirimkan suatu link website palsu melalui email untuk mendapatkan informasi pribadi korban.

Counterfeiting

Pelaku menggunakan kartu palsu yang dibuat sedemikian rupa yang mirip dengan kartu asli.

Oleh karena itu, Anda harus waspada dan lebih berhati-hati agar tidak terkena carding. Anda bisa mencegah carding dengan cara sebagai berikut.

  1. Hindari bertransaksi menggunakan kartu debit. Jika membayar menggunakan kartu debit, awasi dan pastikan petugas kasir hanya menggesek kartu Anda sebanyak satu kali saja.
  2. Gunakan situs belanja yang aman dan terpercaya.
  3. Jangan pernah memberikan informasi nomor kartu dan Card Verification Value (CVV) kepada orang lain.
  4. Hindari mengakses situs belanja atau melakukan transaksi ketika menggunakan Wi-Fi publik.