Waspada Modus Penipuan Lewat Video Call, Ini Cara Menghindarinya
Tekno

Waspada Modus Penipuan Lewat Video Call, Ini Cara Menghindarinya

  • Waspada! Inilah cara menghindari modus penipuan lewat video call yang saat ini marak terjadi
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Semakin berkembangnya teknologi, tampaknya membuat modus penipuan menjadi semakin beragam. Bahkan, saat ini juga ada modus penipuan dengan menggunakan video call.

Hampir semua aplikasi perpesanan kini memiliki fitur video call yang memudahkan para pengguna untuk langsung melakukan percakapan sambil melihat kondisi asli dari lawan bicaranya. Akan tetapi, ternyata fitur ini justru disalahgunakan oleh penipu yang tidak bertanggung jawab.

Modus penipuan ini ternyata memeras korban dengan cara penipu melakukan video call kepada nomor yang telah diacak. Setelah diangkat, pelaku akan mengirim gambar yang tidak pantas, dan akan langsung melakukan screenshot.

Korban yang tidak mengetahui bahwa hal tersebut merupakan penipuan biasanya akan merasa bingung. Hal ini karena penipuan akan menggunakan hasil tangkap layar tersebut untuk memeras korban dengan dalih pelecehan. Korban akan diminta untuk mengirimkan sejumlah uang, dan jika tidak dituruti maka tangkapan layar tersebut akan diunggah ke internet.

Untuk mencegah terjadinya penipuan lewat video call tersebut, Anda bisa melakukan beberapa tips dari Kominfo berikut ini.

1. Pastikan Anda hanya mengangkat panggilan video atau video call dari nomor yang sudah Anda ketahui atau kenali.

2. Jika Anda sudah terlanjur mengangkat nomor yang tidak dikenal tersebut, jangan langsung memunculkan diri di depan kamera. Tutuplah kamera ponsel Anda terlebih dahulu.

3. Jika nomor tersebut masih terus menelepon Anda, jangan ragu untuk segera memblokirnya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi modus penipuan lewat video call. Ikuti cara tersebut dan tetap waspada serta berhati-hati.