9 Bunga Khas Tahun Baru Imlek Dipercaya Bawa Keberuntungan di 2023
Industri

Waspada Penipuan Digital dengan Modus Angpao Imlek

  • Pada perayaan tahun ini, pembagian angpao Imlek kini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital
Industri
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Bagi-bagi angpao jadi salah satu tradisi tak terpisahkan dari perayaan tahun baru Imlek. Pada perayaan tahun ini, pembagian angpao Imlek kini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Namun  perlu dicatat, saat ini banyak modus tindakan kejahatan yang memanfaatkan momentum Imlek. Salah satu kasusnya, bagi-bagi angpao palsu yang tentunya sangat menggiurkan bagi yang kurang waspada.

Mengutip informasi OCBC NISP, Minggu, 22 Januari 2023 contoh modus penipuan berkedok bagi-bagi angpao Imlek melalui Whatsapp atau direct message (DM) media sosial berisi link.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku mengarahkan korban untuk membuka link yang diberikan sebagai syarat mendapatkan angpao gratis.

Jika sudah, biasanya secara tidak sadar korban telah memberikan informasi pribadinya secara cuma-cuma yang berakhir pada pencurian data korban.

Rawan penipuan, CEO Arah Investasi Mandiri Hendra Martono Liem mengatakan bahwa dibanding mengejar angpao Imlek yang belum pasti, bermain saham jadi pilihan lebih realistis dalam mengejar cuan.

Ia menambahkan, segala saham yang berhubungan dengan air patut jadi perhatian selama tahun kelinci air ini. 

Hendra membeberkan, saham yang bersifat air antara lain, pelayaran, franchise, perdangan ritel.

"Bahkan yang jualan pulsa atau data dalam hal ini telekomunikasi diperkirakan akan jalan," kata dia.

Sedangkan, kelinci memiliki unsur dasar kayu Yin. Yin Wood itu seperti semak, bunga-bunga kecil.

"Jadi saham-saham yang berhubungan dengan air dan kayu (misalnya pendidikan, kecantikan) berpotensi untuk melaju pesat," terang dia.

Kemudian, dalam analisa Yin Yang terdapat lima unsur, yakni air menguatkan kayu, kayu menguatkan api, api menguatkan tanah, tanah menguatkan logam dan logam menguatkan air. Jadi yang dikuatkan pada tahun ini adalah air, kayu dan api.

Hendra menjelaskan, unsur api berhubungan dengan hiburan, energi, kuliner. Dengan demikian, saham dari sektor tersebut bisa dipertimbangkan pada tahun kelinci air.