HP Lama Sudah Makin Butut? Coba 5 Cara Ini Agar Ponsel Terasa Baru Lagi
Tekno

Waspada Penipuan! Ini Cara Mengatasi Chat Spam yang Sering Muncul di WhatsApp

  • Inilah cara mengatasi chat spam di WhatsApp untuk mencegah terjebak modus penipuan.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Adanya WhatsApp tidak dapat dipungkiri memang dapat memudahkan aktivitas kita sehari-hari. Hal ini karena WhatsApp memberikan layanan berkomunikasi yang mudah dengan berbagai fitur yang berkualitas sehingga para pengguna semakin menyukai menggunakan aplikasi tersebut.

Meski begitu kemudahan yang ditawarkan oleh WhatsApp ini ternyata juga dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Contohnya seperti penipu yang kerap mengirimkan chat spam di WhatsApp yang dapat menjebak calon korban hingga terjerat penipuan.

Ciri-ciri Pesan Spam yang Muncul di WhatsApp

Ada beberapa ciri-ciri atau tanda yang dapat menunjukkan bahwa pesan yang Anda terima cenderung mencurigakan atau pengirimnya berpura-pura menjadi orang lain. Berikut beberapa ciri-ciri chat spam yang perlu Anda waspadai.

  1. Memiliki kesalahan ejaan atau tata bahasa.
  2. Meminta Anda untuk klik tautan atau link tertentu atau bahkan mengaktifkan fitur baru melalui link.
  3. Meminta Anda untuk membagikan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, tanggal lahir, rekening bank, hingga password.
  4. Meminta Anda untuk meneruskan atau forward pesan.
  5. Mengklaim bahwa Anda harus melakukan pembayaran agar dapat menggunakan WhatsApp.

Cara Mengatasi Chat Spam di WhatsApp

Cara Mengatasi Chat Spam di WhatsApp

Jika Anda menerima chat atau pesan spam atau pesan yang mencurigakan, hindari mengetuk atau tap chat tersebut, tidak mengklik link yang ada, serta tidak membagikan atau tidak meneruskan pesan tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu segera melaporkan pesan tersebut, memblokir pengirimnya, dan menghapus pesan mencurigakan tersebut.

Tidak hanya itu, jika Anda tidak yakin bahwa isi pesan tersebut mengandung informasi yang benar atau tidak mengetahui siapa penulis pesan yang Anda terima, sebaiknya hindari meneruskan atau jangan forward pesan tersebut.

Itu tadi cara mengatasi chat spam di WhatsApp untuk mencegah terjebak modus penipuan.