6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Anda Hilang atau Dicuri
Gaya Hidup

Waspada Penipuan Pengambilalihan Akun! Ketahui Cara Ampuh untuk Mencegahnya

  • Simak penjelasan mengenai jenis penipuan pengambilalihan akun yang harus Anda waspadai sekaligus cara mencegahnya.

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Pernahkah Anda menerima pesan dari seseorang di platform tertentu, salah satunya seperti WhatsApp dan meminta Anda untuk mengirimi mereka uang karena ada sesuatu yang mendesak. Tidak hanya itu, mereka juga berjanji untuk mengembalikan uang Anda tersebut.

Orang yang tiba-tiba mengirim pesan tersebut mungkin tidak sering membuat permintaan tolong seperti itu. Oleh karena itu, bisa jadi Anda menganggap pesan tersebut valid dan segera mentransfer uangnya.

Akan tetapi, bisa jadi teman Anda ternyata tidak mengirim pesan tersebut. Seorang penyusup mungkin telah meretas akun teman Anda dan mengakses kontak mereka. Hal ini adalah salah satu dari banyak skenario penipuan pengambilalihan akun yang tidak hanya memengaruhi Anda tapi juga teman Anda.

Penipuan Pengambilalihan Akun

Apa itu penipuan pengambilalihan akun?

Modus penipuan ini terjadi ketika penyusup mengambil detail atau informasi Anda untuk login ke suatu akun lalu mendapatkan akses yang tidak sah ke akun dan melakukan aktivitas penipuan. Terkadang, mereka melakukan ini saat Anda masih menggunakan akun tersebut dan mengunci Anda sehingga Anda tidak lagi bisa menggunakan akun tersebut.

Untuk memperoleh informasi pribadi, pelaku bisa jadi mengumpulkan data melalui modus phishing, brute force atau menebak beberapa nama pengguna dan password, dan mengeksploitasi password yang menggunakan password yang dicuri dari platform lain untuk meretas akun di aplikasi yang berbeda.

Cara Mencegah Penipuan Pengambilalihan Akun

Semua penipuan tentu merugikan, oleh karena itu penting untuk mencegahnya dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut.

1. Menggunakan Multi Factor Authentication

Peretas bisa jadi mengetahui username dan password Anda, oleh karena itu penting untuk menambahkan lebih banyak lapisan keamanan ke proses login Anda. Multifactor authentication akan menuntut pengguna untuk melakukan verifikasi atas identitas melalui beberapa media yang sebelumnya telah didaftarkan. Contoh dari multifactor authentication adalah OTP atau one time password.

2. Perbarui Aplikasi Secara Rutin

Developer dan penyedia aplikasi memiliki peran untuk terus meningkatkan lapisan keamanan pada aplikasi mereka. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk rutin memperbarui aplikasi yang sudah ada.

3. Gunakan Password Manager

Password yang lemah akan mendorong timbulnya serangan brute force dan pencurian isi kredensial Anda. Oleh karena itu, jika Anda kesulitan untuk membuat dan mengingat password yang kuat, Anda bisa memanfaatkan layanan password manager. Password manager akan membantu Anda menghasilkan password yang rumit dan menyimpannya di lokasi yang aman.

Itu tadi penjelasan mengenai jenis penipuan pengambilalihan akun yang harus Anda waspadai sekaligus cara mencegahnya.