Ilustrasi hacker.
Tekno

Waspada! Trojan Android Nexus Terbaru Menargetkan 450 Aplikasi, Ini Cara Mencegahnya

  • Inilah penjelasan mengenai malware trojan Nexus dan cara mencegahnya agar Anda tidak menjadi korban penipuan atau kejahatan dunia maya.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Cybercrime atau kejahatan di dunia maya tampaknya sedang meningkat di seluruh dunia. Dilaporkan sebuah malware trojan perbankan android baru mampu menargetkan hingga 450 aplikasi perbankan dan keuangan yang berbeda.

Hal itu dilakukan untuk mencuri uang milik korban. Seperti yang dilansir dari laman HT Tech, menurut sebuah postingan blog oleh Cyble research and Intelligence Labs (CRIL) baru-baru ini menemukan sebuah iklan di forum kejahatan dunia maya Rusia untuk trojan perbankan Android yang bernama Nexus yang ditawarkan oleh Threat Actor.

Menurut Threat Actor, malware tersebut adalah sebuah proyek baru yang terus dikembangkan dan kompatibel dengan versi Android hingga versi Android 13. 

Sementara itu, dilaporkan pada januari 2023, trojan perbankan Android muncul di beberapa forum peretasan dengan nama Nexus yang tampaknya di sini Nexus sedang dalam tahap awal pengembangan (BETA). 

Nexus diketahui menyediakan semua fitur utama untuk melakukan serangan pengambilalihan akun terhadap portal perbankan dan layanan cryptocurrency. Tidak hanya itu, Nexus dilaporkan juga menyediakan daftar injeksi bawaan terhadap 450 aplikasi keuangan.

Cara Mencegah atau Menghindari Infeksi Malware Seperti Nexus

Cara Mencegah atau Menghindari Infeksi Malware Seperti Nexus
  1. Pertama, hanya unduh dan instal aplikasi dari Google Play Store atau iOS App Store.
  2. Gunakan paket perangkat lunak antivirus yang terkenal di perangkat Anda yang telah terhubung internet.
  3. Gunakan kata sandi yang kuat lalu aktifkan fitur keamanan biometrik.
  4. Jangan klik tautan apapun yang diterima melalui SMS atau email.
  5. Hati-hati ketika memberikan izin apapun ke aplikasi yang terpasang di perangkat Anda.

Itu tadi penjelasan mengenai malware trojan Nexus dan cara mencegahnya agar Anda tidak menjadi korban penipuan atau kejahatan dunia maya.