Hati-hati! Ini 5 Aplikasi Android Berbahaya 2021 yang Harus Segera Dihapus dari Ponsel
Tekno

Waspadai Data Breach! Ini Cara Agar Data Anda Tidak Dicuri

  • Data breach atau pencurian data merupakan suatu insiden keamanan yang terjadi di mana data pengguna, device atau alat serta aplikasi telah diakses tanpa izin. Ini cara mencegah data breach atau pencurian data.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Data breach atau pencurian data merupakan suatu insiden keamanan yang terjadi di mana data pengguna, device atau alat serta aplikasi telah diakses tanpa izin. Bahkan, data hasil curian tersebut dapat disebarkan secara cuma-cuma atau diperjualbelikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Pencurian data termasuk dalam pelanggaran data, di mana terjadi pemindahan informasi yang aman atau pribadi ke lingkungan yang tidak dipercaya, baik secara disengaja atau tidak disengaja. Peretas data mungkin mencari keuntungan atau ada karyawan yang memang membocorkan data perusahaan. Biasanya, data yang dicuri berupa catatan rumah sakit, informasi kartu kredit, dan sebagainya.

Berikut beberapa cara mencegah data breach atau pencurian data, seperti yang dilansir dari laman Forbes dan situs resmi Kominfo.

Batasi Akses

Setiap orang yang memiliki akses atau potensi akses ke suatu data akan menimbulkan kerentanan bagi pengguna lain. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membatasi akses ke data. Contohnya, Anda dapat menghindari penyimpanan jenis data tertentu seperti nomor kartu kredit dan Anda dapat mengatur akses pengguna yang berbeda untuk mengakses sistem internal Anda.

Perbarui Perangkat Lunak Secara Teratur

Para profesional menyarankan agar semua perangkat lunak aplikasi dan sistem operasi diperbarui secara berkala. Jaringan Anda akan rentan ketika program tidak diperbarui secara berkala.

Gunakan Kata Sandi yang Sulit

Buatlah kata sandi yang sulit, unik, dan kuat untuk dipecahkan oleh orang lain. Anda bisa menggunakan kombinasi angka dan huruf besar kecil untuk menurunkan risiko diretas.

Tetapkan Protokol dan Hierarki

Anda perlu mengetahui detail akses yang akan diberikan kepada orang atau rekan yang bekerja dengan Anda. Anda juga perlu menerapkan protokol keamanan seperti membagikan dokumen hanya untuk kepada orang-orang yang bekerja di kantor Anda.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan enkripsi dan backup data secara rutin, mematikan sinkronisasi antar akun, dan mengaktifkan verifikasi dua langkah.