Waspadai Gejala Ramsay Hunt Syndrome, Kondisi yang Dialami Justin Bieber
Gaya Hidup

Waspadai Gejala Ramsay Hunt Syndrome, Kelumpuhan Wajah yang Dialami Justin Bieber

  • Justin Bieber harus menunda serangkaian konser yang akan ia hadiri karena virus yang membuat separuh wajahnya lumpuh.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Baru saja Justin Bieber mengabarkan bahwa ia sulit untuk makan karena sebagian dari wajahnya mengalami kelumpuhan. Seperti yang dilansir dari laman The Guardian, Justin Bieber harus menunda serangkaian konser yang akan ia hadiri karena virus yang membuat separuh wajahnya lumpuh.

Bintang pop asal Kanada tersebut mengatakan bahwa ia telah didiagnosis dengan sindrom Ramsay Hunt atau Ramsay Hunt Syndrome setelah virus merusak saraf di telinganya. Ia mengunggah kabar tersebut melalui video yang ia posting halaman Instagramnya.

Justin Bieber mengaku bahwa matanya tidak mampu berkedip, tidak bisa tersenyum, bahkan lubang hidungnya tidak bergerak. Justin Bieber juga meminta untuk para penggemar agar mengerti kondisinya sehingga Justin bisa menggunakan waktu ini untuk beristirahat sejenak.

Gejala dan Penyebab Ramsay Hunt Syndrome

Seperti yang dilansir dari laman Mayo Clinic, Ramsay Hunt Syndrome dapat terjadi ketika virus herpes zoster memengaruhi saraf wajah yang terletak di dekat salah satu telinga. Selain menimbulkan ruam herpes zoster yang menyakitkan, sindrom ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena.

Sindrom Ramsay Hunt disebabkan karena virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus masih hidup di saraf manusia. Bertahun-tahun kemudian, virus itu dapat aktif kembali. Ketika hal itu terjadi, maka virus dapat mempengaruhi saraf wajah.

Ada dua tanda dan gejala utama dari Ramsay Hunt Syndrome, yaitu:

  1. Muncul ruam merah yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan di dalam dan di sekitar salah satu telinga.
  2. Kelemahan dan kelumpuhan salah satu sisi wajah, yang sama dengan sisi di mana telinga tersebut terdampak virus tersebut.

Selain itu, penderita Ramsay Hunt Syndrome juga mungkin mengalami sakit telinga, gangguan pendengaran, tinnitus, sulit untuk menutup satu mata, vertigo, hilangnya rasa, dan mulut serta mata menjadi kering.

Ramsay Hunt Syndrome dapat dicegah sejak anak-anak dengan rutin vaksin cacar air untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi virus cacar air. Vaksin herpes zoster untuk orang berusia 50 tahun atau lebih juga dianjurkan untuk diberikan.