Aktifitas peternak melakukan pengecekan pakan,kandanng serta kondisi fisik ayam di sebuah peternakan penggemukan ayam kampung di kawasan Pinang Kota Tangerang ,Senin 4 April 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Waspadai Kenaikan Harga Sejumlah Komoditas Jelang Idulfitri 2023

  • Badan Pusat Statistik (BPS) mengingatkan terdapat beberapa harga komoditas yang berpotensi melonjak menjelang Hari Raya Idul Fitri, yang diperkirakan akan jatuh

Foto

Panji Asmoro

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengingatkan terdapat beberapa komoditas yang harganya berpotensi melonjak menjelang Hari Raya Idulfitri, yang diperkirakan akan jatuh pada pekan ketiga bulan April 2023.

Beberapa komoditas yang berpotensi mengalami kenaikan harga di antaranya daging ayam ras, daging sapi, bawang merah, telur ayam ras, tarif angkutan udara dan lainnya. Kenaikan harga komoditas ini memang umum terjadi dari tahun ke tahun dan memang merupakan periode musiman saat bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Pada Maret 2023, BPS mencatat inflasi hanya sebesar 0,18% MoM, lebih rendah dari Ramadan tahun lalu yang melesat hingga 0,95%. Wajar jika mengingat Idulfitri akan jatuh di bulan April 2023. Meski demikian, inflasi tersebut lebih tinggi dari tahun 2020 dan 2021 yang masing-masing 0,08% dan 0,13%. 

Foto: Panji Asmoro/TrenAsia