Trik Rahasia Cara Ubah iPhone atau iPad Jadi Mikrofon
Tekno

WhatsApp Rilis Fitur Transkripsi Pesan Suara Jadi Teks Khusus Pengguna iPhone

  • Fitur transkripsi pesan suara mentranskripsikan pesan suara menjadi teks sehingga penerimanya dapat membacanya dan bukannya mendengarkan audio. Fitur ini dikabarkan akan dirilis khusus di iPhone atau iOS.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pada umumnya ketika WhatsApp merilis fitur baru, mereka tidak akan merilisnya untuk satu platform saja. Namun, baru saja WhatsApp justru merilis fitur eksklusif untuk platform iOS atau bagi pengguna iPhone. 

Kemungkinan, fitur baru tersebut tidak akan hadir di platform Android dalam waktu dekat. Fitur baru tersebut yaitu Transkripsi Pesan Suara yang tersedia untuk beberapa beta tester.

Apa Itu Transkripsi Pesan Suara?

Fitur transkripsi pesan suara mentranskripsikan pesan suara menjadi teks sehingga penerimanya dapat membacanya dan bukannya mendengarkan audio. Fitur ini tentu akan sangat berguna bagi pengguna yang mungkin berada di tempat di mana mereka tidak dapat memutar audio.

Selain itu, fitur ini akan membantu membuat komunikasi jadi jauh lebih fleksibel dan mudah diakses. Fitur ini tersedia bagi beta tester yang mengunduh melalui aplikasi TestFlight di iOS. WhatsApp saat ini diketahui mengirimkan fitur baru ke beberapa beta tester dan mungkin akan menyertakan lebih banyak penguji dalam beberapa hari mendatang.

Cara Kerja Transkripsi Pesan Suara di WhatsApp

Cara Kerja Transkripsi Pesan Suara di WhatsApp

Saat pengguna mengaktifkan fitur tersebut, maka pengguna akan melihat sebuah bubble di bawah pesan suara. Hal tersebut akan membuat pengguna untuk membaca konten pesan suara. Setelah memperbarui, fitur ini akan diaktifkan secara default. 

Namun, pengguna juga dapat menonaktifkannya jika tidak ingin menggunakannya. Untuk menonaktifkannya, cukup buka Pengaturan atau Settings di WhatsApp, tap Chatting atau Obrolan, kemudian pilih Voice Message Transcript atau Transkrip Pesan Suara.

Perlu dicatat bahwa fitur ini tetap mempertahankan enkripsi end-to-end hal ini karena transkripsi berlangsung di ponsel pengguna dan memanfaatkan paket bahasa yang sudah ada di perangkat. Artinya, transkripsi tidak akan tersedia untuk semua perangkat iOS. Fitur ini  menggunakan API terbaru dari iOS 16 yang memungkinkan transkripsi suara diproses secara lokal di perangkat.