Cara Bikin Chat di WhatsApp Web Jadi Blur, Privasi dan Rahasia Tetap Aman!
Tekno

WhatsApp Web Punya Fitur Baru, Mudahkan Pengguna Cari Pesan Lama Berdasarkan Tanggal

  • Simak penjelasan mengenai fitur baru WhatsApp Web yang memudahkan pengguna mencari pesan lama di tanggal tertentu.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - WhatsApp Web dikabarkan akan segera menerima fitur baru yang akan memudahkan pengguna mencari pesan lama berdasarkan tanggal. 

Tidak dapat dipungkiri seiring bertambahnya penggunaan WhatsApp untuk kegiatan sehari-hari membuat pengguna WhatsApp sering menggunakan aplikasi perpesanan tersebut dalam versi desktop. Namun, tampaknya WhatsApp justru seringkali jadi versi platform yang diabaikan untuk memperoleh fitur baru dan pembaruan.

Seperti yang Anda ketahui, semua versi WhatsApp lainnya termasuk di Android, iOS, dan desktop, update rutin justru kerap datang di aplikasi daripada versi web. Oleh karena itu, fitur baru ini tampaknya akan menjadi kabar gembira bagi para pengguna WhatsApp Web.

Segera, pengguna WhatsApp Web akan memperoleh fitur baru yang aka memudahkan pengguna mencari pesan lama. Menurut laporan WABetainfo yang dilansir Trenasia pada Kamis, 9 November 2023 dari HT Tech, pengguna akan segera mendapatkan filter tanggal saat mencari pesan yang memungkinkan untuk melakukan penyaringan pencarian untuk memudahkan menemukan pesan berdasarkan tanggal.

“WhatsApp merilis fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal untuk beberapa beta tester yang memudahkan mereka untuk dengan cepat mencari pesan yang dibagikan pada tanggal tertentu dalam percakapan mereka, “ kata WABetainfo dalam laporannya. Fitur baru ini rencananya akan diluncurkan ke beta tester dengan WhatsApp Web Beta 2.2348.50 build.

WhatsApp Web Mendapat Fitur Pencarian Pesan Berdasarkan Tanggal

WhatsApp Web mendapat fitur pencarian chat lama berdasarkan tanggal

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari pesan tertentu pada tanggal yang spesifik. Laporan ini juga menyebutkan bahwa ketika pengguna memasukkan permintaan pencarian, ikon kalender akan muncul dan terbuka di tengah. Kemudian, pengguna bisa langsung memilih tanggal tertentu untuk menemukan pesan di tanggal tersebut.

Melakukan navigasi dalam tanggal di bulan tertentu juga akan jadi mudah karena pengguna akan melihat semua tanggal secara bersamaan. Perpindahan antar bulan dapat dilakukan dengan mengetuk tombol panah di setiap sisi untuk bulan berikutnya atau sebelumnya. Selain itu, pengguna bahkan bisa mengetuk opsi tahun yang akan memudahkan untuk mencari pesan di tahun berbeda.

Menariknya, fitur ini dikabarkan hanya akan disediakan di WhatsApp Web untuk saat ini. Selain itu, masih belum ada laporan mengenai fitur tersebut akan hadir di aplikasi seluler atau versi desktop.

Fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal ini diperkirakan belum akan diluncurkan bulan November ini karena fitur tersebut masih dalam tahap pengujian beta. Namun, tidak menutup kemungkinan jika fitur tersebut akan diluncurkan ke publik paling cepat awal bulan yang akan datang.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur baru WhatsApp Web yang memudahkan pengguna mencari pesan lama di tanggal tertentu.