Pengunjung melihat produk disalah salah stan peserta pada Festival UMKM #banggalokal saat berlangsungnya Pagelaran Sabang  Merauke di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu, 12 November 2022. Foto: Panji Asmoro/TrenAsia
Korporasi

Wijaya Karya dan Bukit Asam Boyong Puluhan UMKM Binaan ke Sarinah, Ini 4 Sektor Unggulannya

  • JAKARTA - PT Wijaya Karya (Pesero) Tbk bersama PT Bukit Asam Tbk menggelar edisi ketiga event Bazar UMKM BUMN di Gedung Sarinah, Jakarta pada 9 – 12 Maret 2023.
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA - PT Wijaya Karya (Pesero) Tbk bersama PT Bukit Asam Tbk menggelar edisi ketiga event Bazar UMKM BUMN di Gedung Sarinah, Jakarta pada 9 – 12 Maret 2023. 

Bazar UMKM BUMN Untuk Indonesia ini diselenggarakan oleh Kementerian BUMN setiap bulan sejak Januari hingga Desember 2023, dan dilaksanakan oleh dua BUMN untuk masing-masing edisi dengan durasi 4 hari pameran. Bazar ini merupakanbagian dari upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi pada berbagai sektor, termasuk pengembangan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan.

Para peserta Bazar UMKM BUMN Untuk Indonesia edisi Maret 2023 terdiri dari UMKM mitra binaan Wijaya Karya dan  Bukit Asam serta pelaku usaha yang sudah on-boarding di marketplace PaDiUMKM dengan produk inovatif dari 4 sektor unggulan, terdiri dari Makanan dan Minuman dalam kemasan, Fesyen, Kriya, Kebugaran & Kecantikan.

Sektor makanan dan minuman menampilkan sebanyak 42 pelaku usaha mitra binaan Wika, Bukit Asam dan Rumah BUMN. Dari sektor kriya (Craft) hadir 31 pelaku usaha, sementara itu ada sebanyak 30 pelaku usaha fesyen. Tak ketinggalan sebanyak 3 pelaku usaha kategori produk kecantikan dan kesehatan.

Direktur Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) WIKA Ayu Widya Kiswari menyampaikan bahwa Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia ini juga sekaligus menunjukan komitmen WIKA dalam pemberdayaan UMK yang tergabung sebagai mitra binaan WIKA.

"WIKA punya komitmen yang kuat untuk memastikan usaha dari mitra binaan WIKA secara konsisten mengalami pertumbuhan melalui program bimbingan dan perluasan jangkauan pasar. Produk-produk yang kami tampilkan di sini merupakan produk unggulan yang kami percaya akan menjadi daya tarik dan  peluang besar secara komersil di pasarnya masing-masing," ungkap Direktur QHSE WIKA Ayu Widya Kiswari saat ditemui di Sarinah, Kamis 9 Maret 2023.

Direktur SDM PT Bukit Asam Suherman juga berharap kegiatan Bazar UMKM yang diselenggarakan ini dapat membuat para UMKM Menjadi naik kelas. Baik dari sisi penambahan Omset maupun dari bertambah nya jumlah tenaga kerja. 

“Sehingga produknya bisa dikenal di tingkat nasional maupun mancanegara,” tutupnya.