<p>Gedung PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) / Wika.co.id </p>
Industri

WIKA dan KSO Jepang Raih Kontrak Rp3,33 Triliun, Garap Proyek Jaringan Air Limbah Jakarta

  • Wijaya Karya (WIKA) dan konsorsium Jepang Obayashi mendapat kontrak Jakarta Sewerage Development Project (JSDP).
Industri
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) yang tergabung dalam Konsorsium Obayashi-Jaya Konstruksi-JFE Engineering mendapat proyek pembangunan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) dengan nilai kontrak Rp3,33 Triliun. Proyek ini merupakan penugasan langsung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Proyek gagasan Kementerian PUPR ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan melalui pelayanan air limbah domestik yang berkualitas di DKI Jakarta. Selain itu, merupakan salah satu prioritas pembangunan infrastruktur air limbah di DKI Jakarta yang diharapkan dapat melayani 80% populasi pada Kawasan Pluit dan ditargetkan dapat beroperasi dalam 54 bulan. 

WIKA tergabung dalam KSO Obayasi bersama JFE Engineering dan kontraktor daerah PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk (JKON).

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito mengungkapkan WIKA dengan porsi sebesar 20% sendiri akan mengerjakan JSDP Zona 1 yang akan berlokasi di Pluit, Jakarta Utara. Nantinya, zona ini ditargetkan akan melayani 3 Kota Administrasi yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara. 

Lingkup pekerjaan WIKA dalam proyek ini berupa pengerjaan konstruksi stasiun pompa menggunakan pneumatic caisson, dan untuk sistem pengolah limbah, desainnya menggunakan teknologi A2O+ Membrane Bio Reactor dengan high rate filter.

“Proyek ini wujud dukungan WIKA untuk peningkatan kesehatan masyarakat Jakarta yang bebas limbah melalui pembangunan sistem Pengelolaan Air Limbah Terpusat,” ujar Agung.

Agung melanjutkan, proyek ini akan menambah rekam jejak WIKA dalam mengerjakan infrastruktur pengelolaan air di DKI Jakarta. Saat ini, WIKA sedang mengerjakan Proyek Sudetan Ciliwung Kanal Banjir Timur, setelah sukses menyelesaikan pembangunan Rumah Pompa Air Sention - Ancol. 

Agung berharap, dengan dukungan dari Kementerian PUPR, Pemerintah Daerah DKI Jakarta, KSO Obayashi - WIKA - Jakon - JFE dapat melaksanakan pekerjaan sesuai target waktu dan tepat mutu.

Adapun kesepakatan tersebut tertuang dalam kontrak kerja sama yang ditandatangani oleh PPK Air Minum dan Sanitasi Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Wilayah Jakarta Metropolitan Sean Alva Yasin dengan Masao Hino sebagai perwakilan Konsorsium di Jakarta, Kamis, 22 Desember 2022.

Kesepakatan ini juga disaksikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Senior Representative JICA Ono Nozomu, dan Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Afan Ardiansyah Idris, bersama Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito.