<p>Cermin canggih yang dikenal augmented reality/Foto: Reuters </p>
Industri

WIR Group Kantongi 5 Paten Internasional untuk Bisnis Augmented Reality

  • WIR Group hingga saat ini telah mengantongi lima paten internasional untuk augmented reality (AR).
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - WIR Group, kelompok perusahaan yang berfokus di bidang teknologi berbasis augmented reality (AR) sejak 2015, hingga saat ini telah mengantongi lima paten internasional untuk AR yang teregistrasi pada Patent Cooperation Treaty (PCT).

Pendaftaran melalui skema PCT bertujuan untuk memberikan perlindungan kekayaan intelektual di skala internasional atas invensi dan inovasi yang diinisiasi oleh perseroan.

Selain dapat memberikan kenyamanan bagi publik pengguna teknologi yang dikembangkan WIR Group, pendaftaran lewat sistem PCT itu diharapkan dapat menunjukkan kemajuan pengembangan teknologi digital di Indonesia kepada dunia.

“Dapat memberikan pengakuan dan perlindungan terhadap hasil inovasi melalui riset dan pengembangan teknologi yang kami lakukan,” ujar Chief Innovation Officer (CINO) WIR Group Jeffrey Budiman melalui keterangan tertulis, Minggu, 5 Juni 2022.

Chief Technology Officer (CTO) WIR Group Senja Lazuardy mengatakan pengguna teknologi dari WIR Group bisa merasa lebih nyaman dalam memanfaatkan inovasi grup yang akan terus dikembangkan ke depannya tanpa harus takut ada klaim dari pihak lain.

“Dengan adanya paten yang terdaftar secara global melalui sistem PCT tersebut maka akan meningkatkan kredibilitas kami sebagai pengembang teknologi, dan pihak lain tidak akan bisa menggunakan teknologi yang sama untuk masuk ranah komersial di negara-negara tempat paten teknologi tersebut terdaftar,” ungkap Senja.

Lima paten internasional yang dikantongi oleh WIR Group berkenaan dengan teknologi-teknologi berikut:

1. Application device on mirror – like/ reflective surfaces with augmented reality

Sistem yang digunakan untuk menerapkan augmented reality pada permukaan reflektif seperti cermin sehingga objek pengguna dapat terdeteksi kamera dikenali melalui perangkat lunak berbasis AR.

2. Device for applying digital payment on an augmented reality basis through mobile devices

Metode dan proses penerapan kupon digital dengan dukungan augmented reality yang dapat digunakan sebagai transaksi.

3. Network integrated interactive display system with augmented reality

Sistem tampilan interaktif yang terintegrasi jaringan dengan augmented reality yang digunakan oleh pengguna untuk mengenali produk di suatu area.

4. Method and device for four dimensional augmented reality applications

Metode dan pengembangan augmented reality empat dimensi yang menggabungkan gambar bergerak objek pengguna dari kamera dengan objek maya untuk ditampilkan bersama secara langsung.

5. Method and device for providing karaoke application with augmented reality

Metode dan pengembangan alat karaoke yang dilengkapi teknologi augmented reality sehingga pengguna bisa merasakan seolah mereka sedang bernyanyi duet dengan penyanyi asli.

Sebagai informasi, augmented reality atau "realitas tertambah" adalah teknologi yang menggabungkan objek dunia nyata dengan konten digital yang dibuat oleh komputer secara real-time.

 Contoh penerapan augmented reality di antaranya filter Instagram, video game Pokemon GO, dan sebagainya.

Sementara itu, WIR Group adalah grup perusahaan yang fokus ke bidang teknologi metaverse seperti augmented reality, virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI).

Bisnis WIR Group juga mencakup perangkat internet of things (IoT) berbasis AR, jaringan toko virtual, game AR berbasis geolocation, dan strategic brand consultant.

WIR Group telah melayani lebih dari 20 negara, termasuk Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar, dan lainnya.