<p>Ilustrasi wisata pantai Pulau Sombori, Sulawesi Tengah. / Facebook @TravelokaID</p>
Gaya Hidup

Wisata Alam Booming, 6 Destinasi Ini Wajib Dikunjungi

  • JAKARTA – Wisata alam diprediksi menjadi destinasi liburan favorit masyarakat usai pandemi COVID-19. Segera atur jadwal dan siapkan uang demi memenuhi hasrat berjalan-jalan ke destinasi wisata favorit. Setelah kurang lebih tiga bulan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan, kini masyarakat bersiap memasuki fase normal baru. Pemerintah pun berangsur-angsur mulai membuka tempat wisata unggulan di Indonesia […]

Gaya Hidup
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Wisata alam diprediksi menjadi destinasi liburan favorit masyarakat usai pandemi COVID-19. Segera atur jadwal dan siapkan uang demi memenuhi hasrat berjalan-jalan ke destinasi wisata favorit.

Setelah kurang lebih tiga bulan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan, kini masyarakat bersiap memasuki fase normal baru. Pemerintah pun berangsur-angsur mulai membuka tempat wisata unggulan di Indonesia dengan penerapan protokol kesehatan.

“Banyak pelaku sektor pariwisata yang menanti kebijakan ini karena selama tiga bulan terakhir mereka sangat terdampak,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusbandio dalam konferensi video di Jakarta, Senin, 22 Juni 2020.

Kebijakan tersebut diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.08/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Sementara itu, kawasan pariwisata alam yang berangsur-angsur dibuka terdiri dari wisata bahari, konservasi perairan, wisata petualangan, taman nasional, taman wisata alam, taman hutan raya, suaka margasatwa, dan geopark.

Berikut daftar destinasi wisata alam pilihan yang dirangkum TrenAsia.com:

Pulo Cinta Gorontalo / Rasgallery.com

1. Pulo Cinta, Gorontalo

Pulau yang berbentuk hati ini merupakan kawasan resort dengan pemandangan indah. Setiap mata pengunjung akan dibuat terpukau dengan pemandangannya. Pasalnya, Pulo Cinta menyuguhkan hal unik, yakni hotel di atas laut yang mirip dengan Bora-bora di Tahiti, bahkan Maldives. Selain itu, pasir pantai di pulau ini yang berwarna putih, menambah keindahan tersendiri.

Green Canyon, Pangandaran, Jawa Barat / Haraduta.com

2. Green Canyon, Jawa Barat

Sungai berwarna hijau tosca yang dikelilingi tebing ini populer disebut Green Canyon terletak di Pangandaran, Jawa Barat. Untuk menyusuri sungai, masyarakat dapat menggunakan perahu kayu modern yang dinamakan Ketinting. Sepanjang perjalanan, pemandangan indah akan terlihat berupa pohon-pohon yang menjulang tinggi. Selain itu, masyarakat juga dapat menemui satwa di sekitar sungai, serta menikmati air terjun dari sisi tebing.

Janjang Saribu, Bukittinggi, Sumatra Barat / Rentalmobilpadang.co.id

3. Janjang Saribu, Bukittinggi

Wisata alam yang memiliki sebutan lain, yakni Janjang Koto Gadang ini menampilkan tembok besar yang dikelilingi hutan dan tebing. Dengan panjang tembok 1,5 kilometer di Bukittinggi, Sumatra Barat, pengunjung dapat menyusurinya seolah sedang di Tembok China.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara / Nusatour.co.id

4. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Objek wisata yang terletak di Sulawesi Tenggara menyuguhkan keindahan bawah laut ini memiliki keanekaragaman hayati yang kaya akan spesies koral dan terumbu karang. Di tempat ini, wisatawan dapat melakukan kegiatan menyelam maupun snorkeling. Jika beruntung, pengunjung akan melihat lumba-lumba yang menyembul di permukaan air laut.

Pulau Ayer, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta / Daftartour.com

5. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Kepulauan Seribu terletak di utara Jakarta, terdiri dari gugusan pulau kecil yang berjumlah kurang lebih 128 pulau. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati berbagai jenis keindahan baik di daratan maupun di perairan untuk menyaksikan ikan dan terumbu karang. Tak hanya itu, di pulau ini pengunjung pun diizinkan untuk memancing menggunakan perahu di sekitar pulau.

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT)/ traveloka.com

6. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Destinasi wisata alam yang satu ini menyajikan lanskap alam dengan garis pantai yang indah. Selain itu, berbagai pulau lain juga dapat ditelusuri oleh pengunjung, seperti Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Sabolo, dan Pulau Kanawa. Terdapat hal unik yang dapat disaksikan pengunjung di bagian selatan Labuan Bajo. Jika pengunjung menuju rute selatan ke Pulau Rinca saat sore hari, akan tampak rombongan kelelawar yang beterbangan melintas. (SKO)