<p>Kawasan Taman Nasional Gunung Bromo, Tengger, Semeru, di Jawa Timur. / Pixabay</p>
Gaya Hidup

Wisata Petualangan Seru dari Rafting Hingga Hiking Bakal Ngetren

  • JAKARTA – Liburan menjadi salah satu cara paling ampuh untuk melepas penat, terutama stres akibat rutinitas pekerjaan. Apalagi semenjak pandemi COVID-19 menyerang, aktivitas dan mobilitas masyarakat menjadi sangat dibatasi. Pemerintah pun menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) agar masyarakat dapat menjaga jarak atau physical distancing. Selama kurang lebih tiga bulan terakhir, mayoritas orang melakukan […]

Gaya Hidup
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Liburan menjadi salah satu cara paling ampuh untuk melepas penat, terutama stres akibat rutinitas pekerjaan.

Apalagi semenjak pandemi COVID-19 menyerang, aktivitas dan mobilitas masyarakat menjadi sangat dibatasi. Pemerintah pun menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) agar masyarakat dapat menjaga jarak atau physical distancing.

Selama kurang lebih tiga bulan terakhir, mayoritas orang melakukan work from home (WFH) maupun belajar dari rumah bagi pelajar. Hal ini dapat memicu stres akibat pengulangan rutinitas yang sama dan hanya berada di dalam ruangan.

Kini, berangsur-angsur PSBB dilonggarkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Era yang disebut dengan new normal ini disambut antusias oleh sebagian masyarakat. Di perkotaan, hal ini dapat dilihat oleh kemunculan tren bersepeda.

Namun, selain bersepeda, sebenarnya pemerintah telah membuka sebagian sektor pariwisata, khususnya wisata alam. Ragam destinasi wisata yang satu ini dapat dapat menjadi alternatif pilihan untuk berlibur.

1. Wisata Pantai

Di pantai, Anda bisa melepas penat dengan melihat keindahan laut sekaligus langit yang seolah menyatu. Apalagi jika bisa mendapatkan momen sunrise ataupun sunset dengan lansekap warna langit yang mengagumkan. Pemandangan tersebut dapat diabadikan sebagai kenang-kenangan.

Selain itu, Anda juga bisa bermain menggunakan pasir untuk sekadar membuat pondasi mainan atau menggambar dan menulis sesuatu.

Tak hanya memainkan pasir pantai, bagi Anda yang tertantang dengan kegiatan air, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan olahraga.

Pertama, snorkeling untuk menyelami keindahan bawah laut dari permukaan. Pantai-pantai tropis di Indonesia memiliki keanekaragaman terumbu karang, hewan, maupun tumbuhan laut yang menakjubkan. Jika Anda bisa berenang dan penasaran dengan kenampakan tersebut, kegiatan ini sayang untuk dilewatkan.

Kedua, diving yang merupakan olahraga penguji stamina. Tak jauh berbeda dengan snorkeling, kegiatan ini juga akan membawa Anda untuk menyusuri keindahan bawah laut yang tersembunyi.

Ketiga, berselancar yang dapat dimainkan di pantai dengan ombak bagus. Biasanya, banyak wisatawan asing yang menyukai kegiatan ini. Kebanyakan pantai di Bali mempunyai ombak bagus dan cocok untuk berselancar, seperti Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Pantai Ombak Tujuh, Pantai Sorake, dan lain-lain.

2. Mendaki Gunung

Aktivitas penghilang penat ini juga merupakan olahraga yang banyak membakar kalori. Selain itu, mendaki gunung juga baik untuk kesehatan mental. Di gunung, Anda akan menyatu dengan alam, memandang tumbuh-tumbuhan di sepanjang perjalanan, dan merasakan udara sejuk yang tidak akan ditemui di kota-kota besar.

Selain itu, mendaki gunung juga mampu menjadi sarana pendidikan dan pelatihan diri untuk tidak menyerah dan fokus menuju tujuan. Untuk pemula, Gunung Papandayan di Garut dan Gunung Prau di Dieng, Jawa Tengah, patut dicoba.

3. Rafting

Olahraga satu ini merupakan kegiatan yang cukup ekstrem karena dilakukan dengan menyusuri sungai beraliran deras dan cepat. Sementara itu, salah satu cabang olahraga rafting, yakni arung jeram.

Umumnya, kegiatan ini dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan perahu karet. Di Indonesia, banyak sungai yang dapat dikunjungi, mulai dari yang memiliki aliran tenang hingga deras dan kondisi batunya sangat menantang. Misalnya, Sungai Progo Yogyakarta, Sungai Pekalen Jawa Timur, Sungai Nimanga Sulawesi Utara, Sungai Palayangan Bandung, dan sebagainya.

4. Camping

Camping bersama dalam rangka mengisi waktu luang menjadi kegiatan yang menarik. Pasalnya, kegiatan yang dilakukan dapat menjadi momen keakraban satu sama lain, seperti tidur dan memasak bersama. Di samping itu, wisata camping juga dapat menjadi solusi terbaik untuk membangun komunikasi yang efektif dan berkualitas baik dengan keluarga maupun kerabat terdekat.

Lokasi camping menarik yang bisa kamu kunjungi, misalnya The Highland Park Resort Bogor, Grafika Cikole Lembang, Kampung Jawa Kembang Sleman, The Pines Taman Dayu Pasuruan, dan lain-lain.

5. Ekowisata

Ekowisata atau wisata cagar alam merupakan wisata hayati untuk melihat tumbuhan dan hewan-hewan dalam habitat tertentu. Kegiatan edukasi ini biasanya dilakukan secara berkelompok dan terdapat guide yang memandu perjalanan. Biasanya, wisata yang satu ini digemari oleh pengunjung yang gemar memotret binanatang atau tumbuhan yang beraneka ragam.

Beberapa ekowisata yang dapat dikunjungi, antara lain Taman Nasional Bali Barat, Kebun Raya Eka Karya, Kebun Raya Bogor, Taman Safari, dan lain-lain. (SKO)