Sebuah arloji milik pemimpin Nazi Adolf Hitler terjual seharga Rp16 miliar.
Dunia

Wow! Arloji Pribadi Milik Adolf Hitler Terjual Seharga Rp16 Miliar

  • Sebuah rumah lelang di Maryland, AS membuka penjualan untuk sebuah artefak berupa arloji milik sosok kontroversial Adolf Hitler.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

MARYLAND - Sebuah rumah lelang di Maryland, AS membuka penjualan untuk sebuah artefak berupa arloji milik sosok kontroversial Adolf Hitler. 

Arloji merk Huber yang dijual ke pembeli anonim itu dilengkapi dengan lambang swastika dan inisial AH yang terukir. 

Menurut laporan BBC, arloji berwarna emas dengan tali hitam itu laku terjual US$1,1 juta atau setara Rp16 miliar (asumsi kurs Rp14.863,90 per dolar AS).

Katalog produk menyebutkan bahwa arloji itu kemungkinan diberikan sebagai hadiah ulang tahun pada tahun 1933, saat ia menjadi Kanselir Jerman. 

Arloji itu diambil sebagai cenderamata saat tentara Prancis menyerbu kediaman Berghof yang merupakan tempat Hitler bersembunyi pada tahun 1945. 

Pelelangan yang diadakan oleh Alexander Historical Auctions itu sempat dikecam oleh beberapa pemimpin Yahudi. 

Namun, rumah pelelangan yang mengadakan acara tersebut mengklaim pada media Jerman bahwa tujuannya adalah untuk pelestarian sejarah. 

Surat terbuka yang ditandatangani pemimpin Yahudi menyebut pelelangan itu “menjijikan” dan meminta barang-barang Nazi untuk ditarik. 

“Meskipun jelas tujuannya adalah untuk pembelajaran sejarah – dan artifak Nazi memang perlu ada di museum atau tempat pembelajaran tingkat lanjut – barang-barang yang Anda jual jelas-jelas tidak perlu,” tulis ketua Asosiasi Yahudi Eropa, Rabbi Menachem Margolin. 

Sosok kontroversial Adolf Hitler merupakan pemimpin Nazi Jerman antara tahun 1933-1945 yang dikecam akibat aksi pembunuhan jutaan orang yang kebanyakan merupakan orang Yahudi.