<p>Suasana pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jum&#8217;at, 17 Juli 2020. Indeks harga saham gabungan (IHSG) mencatat koreksi 0,21 persen di akhir sesi pertama perdagangan Jumat 17 Juli 2020. Kekhawatiran terkait gelombang kedua penyebaran virus corona (Covid-19) dan aksi ambil untuk atau profit taking dinilai menjadi penyebab koreksi indeks. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Wow, Investor Dalam Waktu Dekat Bakal Punya Panduan Saham Pilihan Berkualitas

  • JAKARTA – Para investor di pasar modal akan semakin mudah menentukan saham mana yang bisa jadi target investasi. Pasalnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam waktu dekat bakal merilis kumpulan saham berkualitas dalam satu wadah bernama indeks IDX Quality30. Indeks IDX Quality 30 adalah kumpulan 30 saham hasil seleksi dari anggota IDX80. Saham-saham yang masuk IDX […]

Industri
Issa Almawadi

Issa Almawadi

Author

JAKARTA – Para investor di pasar modal akan semakin mudah menentukan saham mana yang bisa jadi target investasi. Pasalnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam waktu dekat bakal merilis kumpulan saham berkualitas dalam satu wadah bernama indeks IDX Quality30.

Indeks IDX Quality 30 adalah kumpulan 30 saham hasil seleksi dari anggota IDX80. Saham-saham yang masuk IDX Quality30 adalah saham yang perusahaannya memiliki historikal profitabilitas, solvabilitas cukup baik dan pertumbuhan laba yang stabil.

“Selain itu, variabel kualitas fundamentalnya juga dilihat dari rasio return on equity (ROE), debt to equity ratio (DER), serta earning variability,” ungkap Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi dalam edukasi wartawan pasar modal di Jakarta, Rabu, 29 Juli 2020.

Jika tak ada aral melintang, Hasan menyebut, BEI akan memperkenalkan indeks terbaru ini pada 10 Agustus 2020, bertepatan dengan 45 tahun diaktifkannya pasar modal Indonesia.

Hasan berharap, keberadaan IDX Quality30 bisa menjadi acuan bagi para pelaku pasar dan investor dalam menentukan arah investasinya mereka di kemudian hari.

“Terutama bagi investor yang menganut value investing, indeks ini sangat sesuai. Juga bagi para manajer investasi sebagai buying side bisa jadi acuan untuk menerbitkan produk baru,” jelas Hasan.

Teknis Seleksi Saham

Dalam memilih saham yang layak masuk IDX Quality30, BEI menggunakan metode penghitungan Indeks Capped Free-Float Market Capitalization Weighted & Quality Factored. Indeks ini menggunakan kapitalisasi pasar free float sebagai bobot dan dilakukan penyesuaian menggunakan nilai kualitas fundamental dari masing-masing saham.

Selanjutnya akan dilakukan pembatasan bobot (capping) suatu saham dalam indeks paling tinggi adalah 15% pada saat evaluasi. BEI menetapkan tanggal dasar untuk Indeks IDX Quality30 pada 4 Februari 2014 dengan nilai dasar 100.

Selain itu, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis BEI Ignatius Denny Wicaksono menambahkan, BEI akan melakukan evaluasi berkala atas IDX Quality30.

“Yaitu evaluasi mayor yang dilakukan pada bulan Januari dan Juli, serta evaluasi minor pada bulan April dan Oktober,” tambah Denny.

Adapun kata Denny, hasil evaluasi indeks akan berlaku efektif di bulan setelahnya pada hari bursa ketiga. Pada evaluasi mayor dilakukan pemilihan saham konstituen indeks untuk periode selanjutnya dan menyesuaikan bobot saham berdasarkan nilai kualitas fundamental.

“Selanjutnya, baik di evaluasi mayor maupun minor, dilakukan penyesuaian bobot akibat adanya perubahan jumlah saham tercatat, penyesuaian rasio free float, dan batasan (cap),” imbuh Denny.