Jadi Lokasi KTT ke-42 ASEAN, Inilah Beberapa Akses ke Labuan Bajo
Nasional & Dunia

Wow! Kekayaan Gubernur Provinsi Termiskin Ketiga di Indonesia Mencapai Rp37,09 Miliar

  • Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) KPK, Viktor memiliki kekayaan pribadi sebesar Rp37,09 miliar hingga akhir 2022
Nasional & Dunia
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi provinsi termiskin ketiga setelah Papua dan Papua Barat.

Per September 2022, persentase penduduk miskin di NTT mencapai 20,23%. Jumlahnya meningkat dibandingkan dengan Maret 2022 yakni 20,05%. Masih dari data BPS, NTT juga menjadi provinsi dengan rata-rata pendapatan bersih pekerja informal per bulan yang terendah di Indonesia yakni Rp1.035.532.

Padahal, NTT dikaruniai kekayaan alam yang melimpah. Salah satunya, Labuan Bajo yang dijadikan 1 dari 5 destinasi wisata super prioritas bersama dengan Borobudur, Danau Toba, Likupang, dan Mandalika.

Menanggapi data tersebut, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan kondisi perekonomian provinsi kepulauan tersebut disebabkan oleh kesalahan pemimpinnya.

“NTT sangat kaya akan sumber daya alam, namun belum diolah maksimal. Kenapa belum dikerjakan? Karena pemimpinnya tolol,” kata Viktor dalam acara Badan Pangan Nasional ke-2 kepada media setempat, dikutip Selasa 15 Agustus 2023.

Kekayaan Viktor Laiskodat 

Kontras dengan perekonomian masyarakatnya, Viktor ternyata kedapatan memiliki harta yang cukup fantastis untuk ukuran kepala daerah. Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) KPK, Viktor memiliki kekayaan pribadi sebesar Rp37,09 miliar hingga akhir 2022.

Pundi-pundinya meningkat 10,29% dibandingkan dengan tahun 2021 sebesar Rp33,63 miliar. Viktor rupanya paling banyak menaruh hartanya dalam bentuk tanah dan bangunan.

Hingga akhir Desember 2022, tanah dan bangunan yang dimiliki Viktor nilainya mencapai Rp25,5 miliar. Asetnya tersebar di tiga tempat yakni Jakarta Selatan senilai Rp12 miliar dan Rp7,5 miliar dan Rote Ndao Rp6 miliar.

Viktor juga mengoleksi empat buah mobil yang nilainya mencapai Rp3,45 miliar. Keempatnya adalah Chrysler Jeep senilai Rp100 juta, Jeep Wrangler Rp150 juta, Hyundai Santa Fe Rp400 juta, dan Lexus Land Cruiser senilai Rp2,8 miliar.

Lalu, harta bergerak yang dimilikinya bernilai Rp35 juta, surat berharga Rp2,6 miliar, dan harta lainnya Rp1 miliar. Adapun simpanan bank Viktor mencapai Rp4,51 miliar. Ia juga tercatat tidak memiliki utang sepeserpun.

Sebagai perbandingan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki total kekayaan senilai Rp13,45 miliar pada 2022. Sementara Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil tercatat memiliki total kekayaan sebesar Rp23,76 miliar hingga akhir tahun lalu.