<p>Penumpang kereta api berjalan di peron menuju rangkaian kereta api Matarmaja relasi Jakarta-Malang yang diberangkatkan dari stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa, 27 Oktober 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Wow! Kemenhub Subsidi Kereta Api Kelas Ekonomi Rp3,4 Triliun

  • Demi memberikan tarif yang terjangkau, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan subsidi untuk kereta api kelas ekonomi sebesar Rp3,4 triliun tahun ini. Subsidi ini akan berlaku baik untuk layanan kereta api antar kota maupun layanan kereta api perkotaan.

Nasional
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

YOGYAKARTA – Demi memberikan tarif yang terjangkau, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan subsidi untuk kereta api kelas ekonomi sebesar Rp3,4 triliun tahun ini. Subsidi ini akan berlaku baik untuk layanan kereta api antar kota maupun layanan kereta api perkotaan.

“Ini merupakan bukti bahwa negara hadir untuk memberikan pelayanan angkutan kereta api yang prima dan konsisten sampai ke pelosok dengan memberikan tarif yang terjangkau,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Stasiun Tugu Yogyakarta, Minggu, 14 Februari 2021.

Subsidi kereta ini akan dimulai dari 1 Januari 2021 sampai 31 Desember 2021. Subsidi akan diberikan untuk layanan kereta api antar kota dan layanan kereta api perkotaan.

Untuk layanan kereta api antar kota, subsidi akan diberikan untuk Kereta Api (KA) Ekonomi Jarak Jauh di 3 lintas pelayanan dengan volume sebesar 1.375.481 penumpang dalam satu tahun. Selanjutnya subsidi juga diberikan untuk KA Ekonomi Jarak Sedang di 10 lintas (3.276.157 penumpang) dan KA Lebaran di 1 lintas pelayanan (26.445 penumpang).

Untuk layanan kereta api perkotaan, subsidi diberikan untuk KA Ekonomi Jarak Dekat di 28 lintas pelayanan dengan volume sebesar 21.227.975 penumpang per tahun. Selanjutnya, Kereta Rel Diesel (KRD) Ekonomi (3.495.456 penumpang), Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek (166.365.911 penumpang), dan KRL Jogja-Solo dengan volume (2.229.887 penumpang).

Kehadiran Menhub Budi Karya di Stasiun Tugu juga untuk meninjau pelayanan alat screening COVID-19 bernama GeNose. Stasiun Tugu menjadi stasiun kedua yang menggunakan alat tersebut setelah Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

“Penerapan alat deteksi GeNose sudah dilakukan di dua tempat yaitu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta dan di Stasiun Tugu, Yogyakarta dan sudah bisa memberikan layanan yang baik bagi para calon penumpang kereta api jarak jauh,” ujar Budi.

Dalam kunjungannya, Menhub membagikan masker kepada para penumpang kereta api. Ia juga mengingatkan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, khususnya di masa libur panjang Imlek. (SKO)