Ilustrasi trader komoditas berjangka
Nasional

Wow! Minyak Mentah hingga Emas Kompak Menghijau, Imbas Sanksi Uni Eropa?

  • Sejumlah harga komoditas terpantau menghijau pada perdagangan hari ini Selasa, 12 April 2022.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Sejumlah harga komoditas terpantau menghijau pada perdagangan hari ini, Selasa, 12 April 2022. Hal tersebut disinyalir karena langkah yang dilakukan Uni Eropa (UE) dengan memberikan sanksi embargo kepada Rusia untuk komoditas energi mulai dari batu bara hingga minyak mentah.

Sebelumya sanksi embargo kepada Rusia itu telah ditetapkan oleh UE pada komoditas batu bara yang akan mulai berlaku Agustus 2022. Sementara untuk komoditas minyak mentah, pihaknya mengaku sedang menyusun draft mengenai sanksi tersebut untuk segera ditetapkan menyusul apa yang telah dilakukan pada komoditas batu bara.

"Mereka sekarang bekerja untuk memastikan bahwa minyak adalah bagian dari paket sanksi berikutnya," kata Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney menanggapi rencana UE dikutip Reuters pada Selasa, 12 April 2022.

Pada perdagangan di pasar berjangka WTI, harga minyak mentah dunia naik 2,68% menjadi US$06,82 per barel dikutip Selasa, 12 April 2022 pukul 14:42 WIB. Peningkatan serupa terjadi pada harga minyak mentah di pasar berjangka Brent yang naik 2,56% menjadi US$ 101 per barel.

Harga gas alam di pasar berjangka Amerika Serikat juga tercatat naik sebesar 2,14% menjadi US$6,78 per MMBTU (Million British Thermal Unit). Pada komoditas emas hitam, harganya di pasar ICE Newcastle tercatat kini telah naik tipis sebesar 0,14% menjadi US$292 per ton.

Serupa dengan komoditas di sektor energi, peningkatan juga terjadi pada sejumlah komoditas pada klasifikasi metal mulai dari emas, perak hingga tembaga dengan rata-rata kenaikan sebesar 0,38% dari ketiga komoditas metal tersebut.

Harga sejumlah komoditas terpantau menghijau pada perdagangan Selasa, 12 April 2022 (Sumber : tradingeconomics.com)