Mekanik memeriksa unit di showroom penjualan sepeda motor listrik Uwinfly dikawasan Otista, Jakarta, Rabu, 24 November 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Wow! Wijaya Karya (WIKA) Kirim Ratusan Motor Listrik Buatan Negeri ke Afrika

  • T Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) melalui anak usahanya WIKA Industri Manufaktur (WIMA) mengirim ratusan motor listrik hasil produksi anak negeri untuk masuk ke pasar internasional.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) melalui anak usahanya WIKA Industri Manufaktur (WIMA) mengirim ratusan motor listrik hasil produksi anak negeri untuk masuk ke pasar internasional.

Pengiriman motor listrik GESITS merupakan hasil kerja sama WIMA dengan perusahaan di Senegal yakni Laila Ndiaye Prima (LNP) dalam rangka pengembangan pasar di kawasan Afrika Barat.

Direktur Utama WIMA Samyarto menyampaikan, kerja sama yang dilakukan dengan LNP bertujuan untuk memperkuat jaringan pemasaran dan distribusi GESITS di Afrika Barat di masa depan.

"Setelah melakukan sebanyak 38 unit ke Senegal, kini WIMA kembali mendapatkan permintaan masing-masing sebanyak 200 unit dari Senegal dan 250 unit ke Nigeria," kata Samyarto dalam keterangan resmi, Rabu, 23 Maret 2022.

Upaya pengembangan pasar di luar negeri turut didukung oleh Kementerian Luar Negeri melalui para Duta Besar di berbagai negara.

Duta Besar Indonesia untuk Senegal Dindin Wahyudin mengatakan, GESITS menjadi bukti komitmen Indonesia untuk mengurangi penggunaan energi fosil dan menggantikannya dengan produk berbasis energi terbarukan.

"Kami kemudian aktif mempromosikan GESITS ke berbagai negara di Afrika Barat dan banyak di antara mereka telah menunjukkan minat untuk membeli," katanya.

Ia menambahkan, minat GESIT juga datang dari Sierra Leons dan Cape Verde karena di lokasi tersebut banyaknya penggunaan kendaraan roda dua.

WIMA sendiri akan menyesuaikan tampilan motor berupa sisi warna maupun bentuk untuk memudahkan produk GESITS diterima di berbagai negara. Pengiriman GESITS kali ini dilakukan di negara-negara wilayah Afrika bagian Barat terutama Negara Senegal.

Untuk diketahui, LNP merupakan perusahaan yang sudah lama melakukan ekspor-impor berbagai produk di Asia maupun Afrika. Langkah kerja sama ini dalam rangka mendukung program pemerintah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Go Global.

Adapun kerja sama antara WIMA dan LNP telah ditandatangani langsung oleh Direktur Utama Wima Samyarto dan Direktur LNP Makhtar Ndiaye pada Sabtu 19 Maret 2022.