ITDC meluncurkan Logo Mandalika GP Series dan Mandalika Xperiences
Nasional

Wuidiih... Bukan Cuma WSBK dan MotoGP, Mandalika Juga Bisa Gelar Konser Musik

  • Mandalika Xperiences akan digunakan untuk event-event lainnya selain event balap, seperti konser musik, kegiatan seni budaya, dan acara olahraga.
Nasional
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengaku siap menggelar event sport tourism.

Ada dua agenda yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, yakni balap motor FIM MOTUL World Superbike (WSBK) pada November 2021 dan FIM MotoGP World Championship (MotoGP) Seri Indonesia pada Maret 2022 di The Mandalika, Lombok, NTB.

Salah satu kesiapan ini ditunjukkan melalui peluncuran Logo Mandalika GP Series dan Mandalika Xperiences. Nantinya, Logo Mandalika GP Series akan menjadi identitas resmi untuk semua event yang berkaitan dengan balap (racing) di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit.

Sementara itu, logo Mandalika Xperiences akan digunakan untuk event-event lainnya selain event balap, seperti konser musik, kegiatan seni budaya, dan acara olahraga.

“Kami berharap kegiatan ini semakin meneguhkan dan memperkuat brand image The Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan konsep Sport Tourism Destination,” ujar Direktur Keuangan, Strategi dan Manajemen Risiko ITDC Nugdha Achadie dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis, 21 Oktober 2021.

Adapun event balap lain yang akan menyusul adalah Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 12 – 14 November 2021.  Nugdha menambahkan, event pendamping gelaran juga digelar untuk mengisi waktu para penonton di antara sesi balap. Di sisi lain, ini juga bertujuan mengurangi tekanan beban lalu lintas orang dan kendaraan yang meninggalkan venue pada saat acara utama selesai.

Nantinya, kegiatan pendamping akan melibatkan seniman, komunitas, dan UMKM lokal sebagai bentuk apresiasi dan upaya mendorong perekonomian lokal.

Kegiatan pendamping tersebut meliputi pameran otomotif, instalasi workshop seni dan budaya lokal, pertunjukan musik skala kecil di beberapa titik, dan kegiatan talkshow terkait seni budaya serta dunia otomotif. Kemudian, terdapat UMKM & Culinary Festival berupa bazar produk merchandise, kerajinan UMKM dan kuliner lokal.

Pihaknya pun membuka kesempatan bagi semua pihak yang ingin berkolaborasi di event balap motor maupun event lainnya yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Terkait hal ini, PT Desain Lisensi Internasional (DLI) dipilih menjadi partner untuk membantu berbagai pihak yang ingin berkolaborasi dalam menggunakan brand Mandalika GP Series dan Mandalika Xperiences.