emas.jpg
Dunia

Wuih, Pria Ini Menemukan Batu Emas Senilai Rp2,4 Miliar

  • Keberuntungan itu datang ke siapa saja, kapan saja dan dengan cara apa saja. Ini seperti yang dialami seorang pria Australia.
Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

CANBERRA-Keberuntungan itu datang ke siapa saja, kapan saja dan dengan cara apa saja. Dan kali ini keberuntngan besar datang ke seorang pria Australia.

Menggunakan  detektor logam murah telah mendapatkan jackpot. Dia menemukan batu seberat 4,6 kg berisi emas senilai A$240.000 dollar Australia atau sekitar Rp2,4 miliar (kurs Rp10.000).

Pria yang tidak ingin disebutkan namanya itu membuat penemuan di ladang emas Victoria. Daerah - yang merupakan jantung demam emas Australia pada tahun 1800-an.

Darren Kamp, yang menghargai dan membeli spesimen tersebut mengatakan itu adalah yang terbesar yang pernah dilihatnya dalam 43 tahun kariernya. "Saya hanya terkesima. Ini adalah penemuan sekali seumur hidup," katanya kepada BBC Selasa 28 Maret 2023.

Kamp tidak terlalu memikirkannya ketika seorang pria yang mengenakan ransel besar masuk ke tokonya di Geelong, sekitar satu jam di barat daya Melbourne. Biasanya orang datang dengan emas palsu atau batu lain yang terlihat seperti emas.

"Tetapi dia mengeluarkan batu ini dan ketika dia meletakkan ke tangan saya, dia berkata, 'Apakah menurut Anda ada nilai A$10.000 di dalamnya?'"

"Saya memandangnya dan berkata, 'Mungkin A$100.000'."

Pria itu kemudian memberitahunya bahwa batu di tangan  Kamp hanya setengah dari temuan. Secara keseluruhan, batu seberat 4,6 kg itu mengandung 83 ons - atau sekitar 2,6 kg - emas.

Dia mengatakan pria yang beruntung itu ingin menghabiskan rezeki nomplok untuk keluarganya. "Dia berkata kepada saya, 'Oh, istri akan bahagia'."

Meskipun penemuan seperti ini jarang terjadi, Australia diperkirakan memiliki cadangan emas terbesar di dunia dan banyak bongkahan emas terbesar di dunia ditemukan di Australia.