Nelayan beraktivitas di kios hasil tangkapan laut Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa, 12 Oktober 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Wujudkan Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia Melalui Teknologi Smart Maritime

  • Kementerian Kelautan dan Perikanan terus berupaya untuk melakukan berbagai strategi dalam memanfaatkan kekayaan maritim Indonesia untuk wujudkan Indonesia sebagai poros maritim di dunia.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan terus berupaya untuk melakukan berbagai strategi dalam memanfaatkan kekayaan maritim Indonesia untuk wujudkan Indonesia sebagai poros maritim di dunia.

Pemanfaatan teknologi yang cerdas dan mutakhir dianggap penting untuk dilakukan sebagai upaya tercapainya tujuan kemaritiman Indonesia melalui teknologi Smart Maritime.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan penerapan teknologi atau transportasi digital merupakan sebuah opsi yang harus dipilih untuk meningkatkan kinerja dan kualitas layanan kepada masyarakat.

“Adapun kapabilitas dari Smart Maritime ini di antaranya terdapat pemetaan laut, proses informasi yang berhubungan dengan laut, platform big data, artificial intelligence (AI ) khusus maritim, dan platform aplikasi pintar,” ,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam keterangan resmi, Jumat, 28 Januari 2022.

Sakti melanjutkan, kapabilitas dari Smart Maritime yang diterapkan adanya seperti penangkapan ikan, eksplorasi berbagai sumber daya maritim, pelestarian bio laut, dan peringatan bencana dini. Kecanggihan teknologi ini sebelumnya juga sudah diterapkan di perairan Tiongkok.

Selanjutnya, pemanfaatan teknologi Smart Maritime ini dinilai mampu membuat agro-maritim Indonesia semakin cerdas sehingga mampu mendorong produtivitas, pemanfaatan informasi dan data, sumber daya manusia (SDM) yang memumpuni, dan teknik pemasangan digital untuk memasarkan hasil laut Indonesia secara global.