Vale
Korporasi

Wujudkan Sustainable Mining, Vale Indonesia Mulai Bangun Indonesia Growth Project

  • Nursery Indonesia Growth Project (IGP) memiliki kemampuan untuk memproduksi satu juta bibit tanaman setiap tahunnya.
Korporasi
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

KOLAKA - Wujudkan sustainable mining, PT Vale Indonesia (PTVI) memulai bangun pusat pembibitan atau Nursery Indonesia Growth Project (IGP), di Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Dengan Nursery IGP, PTVI mengimplementasikan praktik pertambangan berkelanjutan yang terlihat dari aktivitas penghijauan yang dilakukan bersamaan dengan aktivitas pertambangan.

Fasilitas tersebut akan didirikan di atas lahan seluas lima hektar dengan kemampuan untuk memproduksi satu juta bibit tanaman setiap tahunnya. Bibit-bibit tersebut nantinya akan digunakan untuk merehabilitasi lahan bekas pertambangan di wilayah IGP Pomalaa dan keperluan reklamasi lainnya di Kabupaten Kolaka, bertujuan untuk mendorong upaya penghijauan.

Di dalam nursery ini, PTVI akan mengembangkan berbagai jenis bibit tanaman pionir dan tanaman endemik yang berasal dari wilayah Sulawesi Tenggara. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung pelestarian keanekaragaman hayati, menggerakkan ekonomi lokal, dan mendukung penelitian pengembangan. Selanjutnya, area nursery akan diintegrasikan dengan Kebun Raya Kolaka untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan tanaman berharga.

“Fasilitas Nursery IGP Pomalaa ini diperuntukkan menanam, merawat, dan mengembangkan tanaman yang akan dimanfaatkan untuk mereklamasi lahan bekas tambang, mendukung program penghijauan pemerintah yang sejalan dengan groundbreaking nursery, yakni ‘Selaras Bersama Menghijaukan Bumi’,” ujar CEO PTVI, Febriany Eddy 25 September 2023 dikutip dari Antara .

Dalam pernyataannya, Febriany menjelaskan fasilitas nursery tersebut merupakan hasil kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, masyarakat, dan mitra PTVI. Lebih lanjut, Febriany menekankan pembangunan nursery bukan hanya pembangunan fisik semata, melainkan juga merupakan manifestasi komitmen PTVI dalam mendukung masa depan yang berkelanjutan.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengaku kagum dengan usaha yang dilakukan PTVI dalam mendukung masa depan berkelanjutan di Kolaka. Atas hal itu, Ahmad mendorong seluruh perusahaan yang akan berinvestasi di Kolaka bisa menerapkan hal serupa.