<p>Presiden China Xi Jinping</p>
Dunia

Xi Jinping Atur Waktu Ketemu Putin Pekan Depan

  • Presiden China Xi Jinping berencana untuk melakukan perjalanan ke Rusia untuk bertemu dengan rekannya Vladimir Putin
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

BEIJING - Presiden China Xi Jinping berencana untuk melakukan perjalanan ke Rusia untuk bertemu dengan rekannya Vladimir Putin. Menurut informasi dari pihak internal yang enggan disebut namanya, kunjungan tersebut dilakukan paling cepat minggu depan.

Mengutip Reuters Selasa, 14 Maret 2023, rencana kunjungan China ke Rusia dilakukan sebagai upaya untuk menengahi perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

Rencana tersebut tak dianggap terlalu baik bagi sejumlah negara barat mengingat China merupakan sekutu dekat Negeri Beruang Merah dan selalu memberi dukungan diplomatik.

Di sisi lain, pada bulan lalu Presiden Putin mengatakan bahwa pihaknya telah menyetujui kunjungan Xi Jinping. Meski demikian, Kremlin tak memberi tahu detail kapan petinggi Negeri Tirai Bambu tersebut akan berkunjung.

Menurut perkiraan Wall Street Journal, kunjungan mungkin akan dilakukan kisaran April atau awal Mei.

Menanggapi kedatangan Xi Jinping ke Rusia, Juru bicara Kremblin mengatakan tidak ada yang bisa dikatakan tentang masalah tersebut.

"Biasanya, pengumuman kunjungan resmi ke luar negeri dikoordinasikan secara sinkron dengan kesepakatan bersama para pihak. Ketika ada kesiapan seperti itu, kami akan memberi tahu Anda," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov sebagaimana dikutip TrenAsia.com.

Sebulan lalu, Putin silaporkan menjamu diplomat top China Wang Yi dalam kunjungan ke Moskow. Salah satu sumber mengatakan bahwa perjalanan Wang ke Moskow adalah untuk membantu mempersiapkan kunjungan Xi.

Sebagaimana diketahui, China dan Rusia mencapai kemitraan "tanpa batas" pada Februari 2022. Ini diumimkan ketika Putin mengunjungi Beijing untuk pembukaan Olimpiade Musim Dingin, beberapa minggu sebelum Rusia menginvasi Ukraina. Kala itu, kedua belah pihak terus menegaskan kembali kekuatan ikatan mereka.

Sekadar info, selama menjadi presiden China, Xi elah bertemu langsung dengan Putin sebanyak 39 kali. Pertemuan terakhir dilakukan pada bulan September selama pertemuan puncak di Asia Tengah.

Pada hari Senin, Xi menyelesaikan sesi tahunan parlemen China, Kongres Rakyat Nasional , di mana ia dengan suara bulat dikukuhkan dalam masa jabatan ketiga yang memecahkan preseden sebagai presiden.