Presiden China Xi Jinping (Reuters/Tongzhou Wang)
Dunia

Xi Jinping Rencanakan Pemulihan Ekonomi China di Tahun 2024

  • Presiden Xi Jinping mengatakan pada Minggu, 31 Desember 2023, China akan mengkonsolidasikan dan meningkatkan tren positif pemulihan ekonominya pada tahun 2024, serta mempertahankan pembangunan ekonomi jangka panjang dengan reformasi yang lebih dalam.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Presiden Xi Jinping mengatakan pada Minggu, 31 Desember 2023, China akan mengkonsolidasikan dan meningkatkan tren positif pemulihan ekonominya pada tahun 2024, serta mempertahankan pembangunan ekonomi jangka panjang dengan reformasi yang lebih dalam.

Dalam pidato yang disiarkan televisi untuk menandai Tahun Baru, Xi mengatakan China akan memperdalam reformasi untuk menopang kepercayaan pada ekonomi.

Xi mengatakan, China akan mengkonsolidasikan dan meningkatkan tren positif pemulihan ekonomi, dan mencapai pembangunan ekonomi yang stabil dan jangka panjang.

“Kita harus memperdalam reformasi dan keterbukaan secara komprehensif, lebih meningkatkan kepercayaan pada pembangunan, meningkatkan vitalitas ekonomi, dan melakukan upaya yang lebih besar untuk mempromosikan pendidikan, mempromosikan sains dan teknologi, dan mengembangkan bakat.”

Xi mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kesulitan yang dihadapi beberapa perusahaan dalam operasionalnya dan kesulitan yang dihadapi beberapa orang dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari mereka, serta dampak bencana alam seperti banjir dan gempa bumi di beberapa wilayah.

“China akan mempromosikan pembangunan berkualitas tinggi dan menyeimbangkan pembangunan dan keamanan dengan cara yang terkoordinasi dengan baik,” tambah Xi, dikutip dari Reuters, Senin, 1 Januari 2024.

Pemerintah dalam beberapa bulan terakhir mengumumkan serangkaian tindakan untuk menopang pemulihan ekonomi China yang melemah pasca-pandemi, yang tertahan oleh kemerosotan properti, risiko utang pemerintah daerah, dan pertumbuhan global yang lambat.

Analis memperkirakan pertumbuhan ekonomi China akan mencapai target resmi sekitar 5% tahun ini, dan Beijing diperkirakan akan mempertahankan target yang sama tahun depan.

Awal bulan ini, para pemimpin China bertemu dan menyusun rencana ekonomi untuk tahun 2024, berjanji untuk mengambil lebih banyak langkah untuk mendukung pemulihan.

Bank sentral telah berjanji untuk meningkatkan penyesuaian kebijakan untuk mendukung perekonomian dan mendorong rebound harga, di tengah tanda-tanda meningkatnya tekanan deflasi.