<p>Gedung XL Axiata. / Xlaxiata.co.id</p>
Nasional

XL Axiata Bakal Bangun Lagi BTS USO di Kalimantan

  • USO adalah bagian dari program Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dengan tujuan menangani perbedaan teknologi informasi, mendukung kegiatan ekonomi, sistem keamanan dan pertahanan, dan untuk meningkatkan negara melalui teknologi informasi.

Nasional
Sukirno

Sukirno

Author

PONTIANAK – PT XL Axiata Tbk (EXCL) berencana membangun lagi jaringan universal service obligation (USO) khusus di wilayah perbatasan dan daerah terpencil. Hal itu dilakukan untuk promosi produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pariwisata setempat pada 2021 ini setelah menyelesaikan 66 site USO di pulau Kalimantan, termasuk 57 site di Kalimantan Barat (Kalbar).  

USO adalah bagian dari program Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dengan tujuan menangani perbedaan teknologi informasi, mendukung kegiatan ekonomi, sistem keamanan dan pertahanan, dan untuk meningkatkan negara melalui teknologi informasi.

Head External Communication XL Axiata Henry Wijayanto memastikan pihaknya akan terus melanjutkan pembangunan jaringan Base Transceiver Station (BTS) USO bersama pemerintah di daerah terpencil termasuk di Kalimantan. 

“Hingga akhir 2020, XL Axiata telah menyelesaikan sekitar 360 proyek USO termasuk 57 site di Kalimantan Barat (Kalbar), 7 site di Kalimantan Selatan (Kalsel), dan 2 Kalimantan Tengah (Kalteng). Untuk 2021, XL Axiata akan terus melanjutkan pembangunan BTS USO,” kata Henry kepada TrenAsia.com, Kamis, 15 Januari 2021. 

Dia mengutarakan pembangunan USO dari XL Axiata sebagai dukungan pembangunan telekomunikasi di wilayah terpencil. Dengan demikian, kata Henry, kehadiran USO bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membangun berbagai bisnis seperti pengenalan dan penjualan produk UMKM. 

Total seluruh Indonesia, XL Axiata sudah memiliki 256 USO tersebar di sejumlah titik wilayah perbatasan. Mulai dari Alor, Banggai Kepulauan, Boven Digul, Buru, Ende, Fak Fak, Gorontalo Utara, Halmahera Barat dan Timur, Kepulauan Aru, Konawe, Lembata, Mappi, Maybrat dan sejumlah kota lainnya. 

Khusus di Kalbar, USO dibangun di Kabupaten Kapuas Hulu tersebar di Kecamatan Bunut Hulu, Putussibau Utara dan Silat. Berikutnya di Kabupaten Ketapang di Kecamatan Hulu Sungai dan Simpang Dua. Kabupaten lain yaitu di Kecamatan Menyuke. 

Kabupaten selanjutnya yang mendapatkan pelayanan USO adalah di Kecamatan Belimbing dan Kecamatan Belimbing Wuluh. Terakhir di Kabupaten Sintang seperti di Kecamatan Ambalau, Serawai, Tempunak, Ketungau Hulu. 

Di sisi lain, penetrasi pembangunan USO oleh XL Axiata berhasil meningkatkan penggunaan smartphone mencapai 86% hingga Mei 2020. TrenAsia.com mencatat per akhir Maret 2020, XL Axiata memiliki lebih dari 133.000 BTS, meningkat 9% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sebanyak lebih dari 43.000 BTS di antaranya merupakan BTS 4G.

Namun demikian, total pelanggan XL Axiata di periode ini turun tipis menjadi 55,5 juta karena persaingan yang semakin ketat. (SKO)