<p>Ilustrasi layanan provider selular PT XL Axiata Tbk. (EXCL). / Facebook @MyXL</p>

XL Axiata dan Google Percepat Layanan Cloud

  • JAKARTA – Perusahaan operator telekomunikasi seluler PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menyadari kebutuhan  yang terus berubah dan beralih secara pesat ke digital.  XL Axiata melakukan kerja sama dengan Google Cloud untuk strategi hybrid-cloud XL Axiata dan Anthos dengan target mengalihkan 70% beban kerjanya ke cloud dalam tiga tahun ke depan. XL Axiata mengadopsi platform manajemen […]

Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

JAKARTA – Perusahaan operator telekomunikasi seluler PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menyadari kebutuhan  yang terus berubah dan beralih secara pesat ke digital. 

XL Axiata melakukan kerja sama dengan Google Cloud untuk strategi hybrid-cloud XL Axiata dan Anthos dengan target mengalihkan 70% beban kerjanya ke cloud dalam tiga tahun ke depan.

XL Axiata mengadopsi platform manajemen aplikasi modern dari Anthos-Google Cloud untuk mengotomatisasi, mengelola, dan menskalakan beban kerja di lingkungan hybrid/multi-cloud secara aman dan konsisten.

Chief Information and Digital Officer XL Axiata Yessie D Yosetya mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk memodernisasi infrastruktur demi meningkatkan fleksibilitas bisnis dan mempercepat penyebaran aplikasi.

“XL Axiata, Anthos sangat ideal bagi kami karena memungkinkan kami mengadopsi kontainer sekaligus memungkinkan Google, pemimpin di teknologi Kubernetes, melakukan pengelolaan infrastruktur kontainer bagi kami,” kata dia dalam keterangan resmi, Selasa, 9 Juni 2020.

Dengan memigrasikan platform layanan mikro ke Google Cloud dan menghadirkan Google Kubernetes Engine (GKE) Anthos di pusat data lokalnya, XL Axiata dapat memperluas kapabilitas komputasi awan di sumber daya yang dimilikinya, baik lokal maupun berbasis cloud secara ekonomis.

XL Axiata juga berencana untuk mengimplementasikan platform analisis data Google Cloud yang dapat diskalakan untuk menyempurnakan pengalaman pelanggan melalui teknologi berbasis data dan kecerdasan buatan (artificial intellegence/AI).

Di samping itu, peluncuran region GCP Google Cloud di Jakarta dapat membuat XL Axiata untuk menyimpan, memproses, dan menganalisis data secara real time dan lokal untuk melayani pelanggan lama dan yang baru di Indonesia dengan lebih baik.

Dalam kerja sama tersebut, XL Axiata sekaligus menjadi partner interkoneksi Google Cloud guna menyajikan konektivitas berkecepatan tinggi dengan kemampuan transfer data yang baik di lima pusat data XL Axiata dan jaringan global Google.

Sementara itu, Country Director Google Cloud di Indonesia Megawaty Khie mengakui adanya transformasi yang berpusat pada teknologi cloud untuk menyajikan layanan, peluang pendapatan, dan pengalaman pengguna yang baru.

“Dengan Anthos, kami menyediakan platform yang konsisten bagi XL Axiata untuk menyebarkan beban kerja baik secara lokal maupun di cloud sehingga bisa mempercepat transformasi digitalnya,” kata dia.

Menurut dia, kerja sama tersebut akan memungkinkan perusahaan besar maupun kecil di Indonesia untuk mendapatkan akses ke konektivitas berkecepatan tinggi dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang sebelumnya tidak dimungkinkan. (SKO)