Direktur Utama BRI, Sunarso, dalam pengumuman BRI menjadi sponsor Liga 1 2023/2024 di Jakarta, Senin 26 Juni 2023.
Olahraga

Yakin Cuan, BRI Kembali jadi Sponsor Liga 1 Indonesia

  • Ini artinya BUMN perbankan tersebut telah tiga musim mensponsori kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia.
Olahraga
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI menjadi sponsor resmi Liga 1 2023/2024. Ini artinya BUMN perbankan tersebut telah tiga musim mensponsori kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia.

Kesepakatan tersebut diumumkan di Jakarta hari Senin 26 Juni 2023. Acara tersebut dihadiri Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI sekaligus Komisaris Utama PT LIB Zainudin Amali, Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Sunarso, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus dan Director Programming SCM Harsiwi Achmad.

Dalam sambutannya, Zainudin Amali mengapresiasi BRI yang berkomitmen mendukung penyenggaraan Liga 1 2023/2024. Pihaknya meyakini BRI melihat potensi pemasukan tersendiri di kompetisi tersebut. “BRI ini perusahaan terbuka. Tidak mungkin mau jadi sponsor kalau rugi. Hitung-hitungan pasti untung,” ujar Amali dikutip dari pssi.org, Kamis 29 Juni 2023. 

Amali mengatakan Erick Thohir selalu mewanti-wanti agar sponsor yang mendukung Liga 1 tidak boncos. Sejumlah upaya komersialisasi sejauh ini telah dilakukan PSSI untuk mengemas kompetisi agar memiliki nilai jual seperti perbaikan kualitas tayangan, penjualan merchandise, serta aktivasi lain. “PSSI selalu berkomitmen, khususnya pak Erick, jadi sponsor itu jangan sampai merugi,” ujar Amali.

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengatakan pihaknya berkomitmen medukung Liga 1 agar kompetisi dapat berjalan dengan sehat, terutama dari sisi finansial. “Sehingga dapat menghasilkan pemain Timnas melalui seleksi di kompetisi yang baik,” ujarnya. Lebih lanjut, dia berharap Liga 1 musim ini dapat meningkatkan nilai ekonomi dan sosial masyarakat. “

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, menambahkan kehadiran BRI untuk menjadi titel sponsor ketiga kalinya bakal semakin meningkatkan nilai kompetisi sepak bola Indonesia. “Semoga bisa ada kerja sama berikutnya,” kata dia. 

Berikan Bus

Sebelumnya, BRI turut mendukung Timnas Indonesia dengan memberikan bus baru. Bus yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, itu nantinya bakal digunakan oleh semua kelompok umur di Timnas. 

Kado fasilitas tersebut semakin spesial lantaran diberikan jelang FIFA Matchday antara Indonesia menjamu Argentina, Senin 19 Juni 2023. Perwakilan BRI, Supriyanto, mengatakan pemberian bus baru untuk Timnas menjadi wujud komitmen BRI dalam mendukung perkembangan sepak bola Nasional.

Menurut Supriyanto, adanya fasilitas yang nyaman diharapkaan semakin memotivasi pemain untuk meriah prestasi. “Satu unit bus ini menjadi bagian komitmen kami mendukung pertumbuhan sepak bola Indonesia,” ujarnya, dikutip dari PSSI.org, Senin 19 Juni 2023.