<p>Ilustrasi minimarket memboikot produk Prancis di Riau / Istimewa</p>
Nasional & Dunia

Yakin Mau Boikot Produk? Ini Daftar 30 Merek Terkenal Prancis yang Ada di Indonesia

  • Beberapa waktu lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan imbauan kepada umat Islam di Tanah Air untuk memboikot produk-produk asal Prancis sebagai bentuk kekecewaan dan protes.

Nasional & Dunia
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Ujaran Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dinilai menghina Nabi Muhammad SAW dan Islam berbuntut pemboikotan produk-produk asal negara Uni Eropa tersebut di sejumlah negara.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia, Indonesia turut merespons dengan melakukan hal serupa.

Beberapa waktu lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan imbauan kepada umat Islam di Tanah Air untuk memboikot produk-produk asal Prancis sebagai bentuk kekecewaan dan protes.

“MUI menyatakan sikap dan mengimbau kepada Ummat Islam Indonesia dan dunia untuk memboikot semua produk yang berasal dari negara Prancis,” demikian salah satu pernyataan dalam surat yang ditandatangani Wakil Ketua Umum MUI, Muhyiddin Junaidi dan Sekretaris Jenderal MUI, Anwar Abbas.

Bahkan, MUI juga mendukung aksi sejumlah negara yang telah melakukan aksi boikot produk Prancis. Sebagian besar negara tersebut berada di Timur Tengah yang telah lebih dulu melakukan aksi boikot.

“(MUI) mendukung sikap Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan anggotanya seperti Turki, Qatar, Kuwait, Pakistan, Bangladesh yang telah memboikot semua produk Negara Prancis.”

Di Indonesia sendiri terdapat banyak produk-produk Prancis yang dapat ditemui. Kategori produknya pun beragam, mulai dari produk makanan dan minuman, produk kecantikan, ritel, hingga otomotif.

TrenAsia.com merangkum sejumlah merek produk terkenal asal Prancis yang diperjualbelikan di Indonesia, berikut daftarnya:

1. Danone

2. Garnier

3. L’Oreal

4. Kraft

5. Carrefour

6. TOTAL

7. Lacoste

8. Chanel

9. Louis Vuitton

10. Pierre Cardin

11. Cartier

12. Hermes

13. Yves Saint Laurent

14. Christian Dior

15. Dior

16. Mont Blanc

17. Givenchy

18. AXA

19. Peugeot

20. Renault

21. Balenciaga

22. Lancome

23. Accor

24. Orange

25. SFR

26. Novotel

27. BNP Paribas

28. Elle & Vire

29. Elf

30. Celine