Kronotipe Tidur dari Singa Hingga Lumba-Lumba, Anda yang Mana ?
Gaya Hidup

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sleep Hygiene untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

  • Sleep hygiene atau kebersihan tidur yang baik adalah tentang menempatkan diri Anda pada posisi terbaik untuk tidur nyenyak setiap malam. Sleep hygiene dapat membantu mengatur kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Sleep hygiene atau kebersihan tidur yang baik adalah tentang menempatkan diri Anda pada posisi terbaik untuk tidur nyenyak setiap malam. Sleep hygiene dapat membantu mengatur kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

Sleep hygiene mencakup lingkungan dan kebiasaan sebelum tidur seperti kamar tidur dan rutinitas sehari-hari yang mendukung Anda memiliki jadwal tidur yang konsisten dan tanpa gangguan. Anda juga dapat membangun sleep hygiene yang ideal dengan mulai membuat kamar tidur Anda nyaman dan bebas dari gangguan, rutinitas santai sebelum tidur seperti membaca buku juga dapat Anda terapkan.

Sleep hygiene perlu dilakukan untuk memperoleh tidur yang sehat. Karena seperti yang kita ketahui bersama, tidur yang sehat penting untuk kesehatan mental dan fisik, mampu meningkatkan produktivitas hingga kualitas hidup mulai dari anak-anak hingga lansia.

Susah tidur, sering mengalami gangguan tidur dan mengantuk di siang hari adalah tanda paling jelas dari sleep hygiene yang buruk. Kurangnya konsistensi dalam kuantitas dan kualitas tidur juga bisa menjadi gejala sleep hygiene yang buruk.

Beberapa tips dapat Anda coba untuk membangun sleep hygiene yang baik seperti menetapkan jadwal tidur, konsisten pada rutinitas malam yang sudah dibuat, hingga mengoptimalkan kamar tidur Anda.