Nasional & Dunia

Yes Naik Kelas! Indonesia Kini Peringkat 40 Negara Terkuat di Dunia

  • JAKARTA-Sebuah laporan tentang peringkat negara terkuat di dunia yang diterbitkan US News and World Report masih menempatkan Amerika, Rusia, dan China menjadi negara paling kuat di planet bumi. Negara-negara paling kuat di dunia juga adalah negara-negara yang secara konsisten mendominasi berita utama, pembuat kebijakan yang penting dan membentuk pola ekonomi global.  Selain itu juga memiliki […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Sebuah laporan tentang peringkat negara terkuat di dunia yang diterbitkan US News and World Report masih menempatkan Amerika, Rusia, dan China menjadi negara paling kuat di planet bumi.

Negara-negara paling kuat di dunia juga adalah negara-negara yang secara konsisten mendominasi berita utama, pembuat kebijakan yang penting dan membentuk pola ekonomi global.  Selain itu juga memiliki kebijakan luar negeri dan anggaran militer yang kuat.

“Ketika mereka membuat janji, setidaknya beberapa di komunitas internasional percaya mereka akan menaatinya,” tulis laporan tersebut.

Pemeringkatan Best Countries 2020 dilakukan  dalam kemitraan dengan BAV Group, sebuah unit perusahaan komunikasi pemasaran global VMLY & R, dan Wharton School dari University of Pennsylvania, didasarkan pada survei yang meminta lebih dari 20.000 orang dari empat wilayah.

Peringkat ini untuk  melihat bagaimana pengaruh suatu negara, serta kekuatan politik, ekonomi, dan militernya. Peringkat tersebut adalah bagian dari studi tahunan  yang mengevaluasi 80 negara. Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Dalam daftar negara terkuat, Indonesia berada di urutan ke-40 atau meningkat dibanding tahun 2019 yang ada di urutan 47, Indonesia bahkan tidak masuk dalam daftar 80 negara terkuat di dunia. Menurut US News and World Report, Indonesia dnegan populas 267,7 juta memiliki GDP US$1.0 trillion dan GDP perkapita US$13,234.

“Terdiri dari rantai ribuan pulau antara Asia dan Australia, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan negara mayoritas Muslim terbesar di dunia. Penduduk Indonesia beragam, berbicara lebih dari 300 bahasa dan mulai dari perkotaan kosmopolitan hingga penduduk desa,” tulis US News and World dalam laporannya yang baru-baru ini dirilis.

Indonesia mengungguli Portugal, Polandia dan Yunani yang masing-masing ada di peringkat 41, 42 dan 43.Tiga peringkat di atas Indonesia adalah Meksiko, Lebanon dan  Oman.

Untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia ada di bawah Vietman yang ada di peringkat 31 dan Singapura yang ada di urutan ke-22. Negara Asia Tenggara di bawah Indonesia adalah Myanmar yang ada di urutan 47 naik dari 53 tahun 2019. Malaysia yang pada 2019 bahkan tidak masuk dalam 80 negara terkuat, pada 2020 ini berada di peringat ke-58.

Dari daftar yang ada tidak ada perubahan 10 negara teratas dibanding tahun lalu, meskipun dua dari mereka berganti posisi. Amerika Serikat tetap dianggap sebagai negara paling kuat dengan memiliki ekonomi terbesar di dunia dan anggaran militer terbesar yang menghabiskan lebih dari $ 649 miliar untuk perangkat keras dan personil militer pada tahun 2018.

Rusia dan China mengikuti di peringat dua dan tiga kemudian Jerman, Inggris, Prancis dan Jepang. Israel, menempati posisi kedelapan lalu Korea Selatandan Arab Saudi bertukar posisi tahun ini masing-masing di peringkat 9 dan 10.

Negara-negara yang dianggap kurang kuat cenderung menjadi negara yang lebih kecil dengan ekonomi sedang hingga kecil. Negara-negara Baltik Estonia, Latvia, dan Lithuania serta Slovakia di Eropa Tengah menjadi lima terbawah dalam daftar 80 negara.

Berikut 25 negara terkuat versi US News and World Report

  1. Amerika
  2. Rusia
  3. China
  4. Jerman
  5. Inggris
  6. Prancis
  7. Israel
  8. Korea Selatan
  9. Arab Saudi
  10. Uni Emirat Arab
  11. Kanada
  12. Swiss
  13. India
  14. Australia
  15. Turki
  16. Italia
  17. Qatar
  18. Spanyol
  19. Swedia
  20. Belanda
  21. Singapura
  22. Norwegia
  23. Brazil
  24. Mesir