Nampak sejumlah pengunjung tengah menyaksikan Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicles Show (PEVS) 2022 di Hall C JIExpo Kemayoran yang menampilkan berbagai model kendaraan listrik terbaru, baik mobil, motor, maupun bus. Acara ini akan berlangsung hingga tanggal 31 Juli 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

YLKI Apresiasi Kegiatan KTT Asean di TMII Gunakan Kendaraan Listrik Bebas Polusi

  • Ketua Harian YLKI Tulus Abadi mengapresiasi para delegasi KTT ke-43 ASEAN melakukan rangkaian kegiatan di kawasan TMII yang merupakan salah satu ikon pariwisata negeri dan hanya bisa dilalui kendaraan listrik yang bebas polusi.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA—Ketua Harian YLKI Tulus Abadi mengapresiasi para delegasi KTT ke-43 ASEAN melakukan rangkaian kegiatan di kawasan TMII yang merupakan salah satu ikon pariwisata negeri dan hanya bisa dilalui kendaraan listrik yang bebas polusi. 

Sesuai dengan jadwal, para delegasi dari negara tetangga itu mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang sudah direnovasi sejak tahun lalu. 

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan KTT yang dikemas ramah lingkungan dan bebas polusi tersebut," katanya kepada media dilansir Minggu, 3 September 2023.

Menurut Tulus, penggunaan kendaraan listrik mampu memberikan gambaran kepada para utusan negara sahabat bahwa pemerintah Indonesia sangat fokus terhadap komitmen Indonesia dalam terus mendorong nol emisi karbon atau net zero emissions (NZE). 
 
Arah kebijakannya sudah benar. KTT ASEAN ini dijadikan agenda penting untuk menunjukkan kepada publik internasional bahwa kendaraan listrik menjadi salah satu solusi utama penanganan polusi udara yang melanda Jakarta. Selain itu dengan menggunakan mobil listrik, pemerintah juga turut mengedukasi masyarakat bahwa kendaraan listrik mampu mengurangi polusi udara. 

“Edukasi penggunaan kendaraan listrik kepada masyakat itu penting. Tentu hal ini bakal menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk beralih ke kendaraan listrik,” ujarnya. 

Selanjutnya, Tulus menambahkan, penggunaan kendaraan listrik saat KTT ASEAN juga bisa menjadi momentum agar pemerintah mengakselerasi kebijakan dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik. Kebijakan untuk kendaraan listrik penting agar langkah menuju nol emisi karbon bisa terakselerasi dengan cepat dan tepat.

Diketahui, pemerintah telah menyiapkan puluhan mobil listrik untuk menyukseskan agenda internasional tersebut yang diperuntukkan sebagai transportasi para pemimpin negara sahabat. Bahkan _shuttle_ untuk mengangkut delegasi, juga menggunakan kendaraan listrik. 

Sebagai informasi, KTT ke-43 ASEAN diselenggarakan dalam format _plenary_ maupun retreat pada 5 September 2023. Kemudian pada hari berikutnya akan dilaksanakan KTT antara ASEAN dengan negara-negara mitra yang akan berlangsung hingga 7 September 2023. Pada 7 September 2023, akan digelar pula KTT Asia Timur dan KTT ASEAN Plus Three.