Hati-hati Kena Malware Gara-gara Nonton Video Tutorial di YouTube! Ini Cara Mencegahnya
Tekno

YouTube Berikan Tools Baru Berteknologi AI, Mudahkan Dubbing Video Otomatis

  • YouTube memperkenalkan tools baru yang membantu content creator menerjemahkan video mereka ke berbagai bahasa secara otomatis. Tools ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk melakukan proses penerjemahan.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - YouTube adalah salah satu aplikasi yang digemari banyak orang untuk memperoleh berbagai konten, baik itu konten informasi, hiburan, atau mendengar berbagai lagu dari artis favorit. 

Tidak hanya itu, siapa saja pengguna internet bisa menjadi content creator untuk memperoleh uang dari YouTube. Bahkan, YouTube sering memberikan berbagai update tools di platform miliknya yang semakin mempermudah content creator, seperti fitur yang satu ini.

YouTube memperkenalkan tools baru yang membantu content creator menerjemahkan video mereka ke berbagai bahasa secara otomatis. Tools ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk melakukan proses penerjemahan.

Seperti yang dilansir dari laporan TechCrunch pada Jumat 30 Juni 2023, YouTube telah bermitra dengan perusahaan bernama Aloud yang juga menggunakan AI untuk dubbing atau sulih suara video. Aloud sendiri merupakan bagian dari inkubator internal Google yang disebut Area 120.

Awal tahun ini YouTube juga menambahkan fitur yang memungkinkan content creator memiliki banyak trek audio dalam berbagai bahasa. Itu artinya content creator dapat menambahkan sulih suara ke videonya sehingga pengguna internet yang berbicara bahasa lain dapat memahaminya. Hingga Juni 2023, content creator telah men-dubbing lebih dari 10.000 video dalam lebih dari 70 bahasa.

Sebelum adanya tools baru ini, content creator harus bekerja sama dengan perusahaan lain terlebih dahulu yang menyediakan layanan dubbing atau sulih suara. Hal ini dapat menghabiskan banyak waktu dan uang. Namun dengan adanya Aloud, content creator justru bisa langsung dubbing video mereka secara gratis.

Aloud sendiri dibuat oleh Google pada tahun 2022. Aloud menggunakan teknologi AI untuk melakukan penyalinan video, menerjemahkan, lalu membuat versi sulih suara. Content creator juga dapat memeriksa dan mengedit transcript yang muncul sebelum Aloud membuat sulih suara.

YouTube saat ini sedang menguji tools baru tersebut dengan ratusan content creator. Amjad Hanif, Vice President dari Creator Products YouTube menyebutkan hal ini kepada hadiri di konferensi VidCon. Amjad Hanif juga mengatakan bahwa YouTube akan segera menyediakan tools ini untuk semua content creator. 

Saat ini Aloud hanya tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Portugis. Namun, ke depannya Aloud akan memiliki lebih banyak bahasa termasuk bahasa Hindi dan bahasa Indonesia.

Amjad Hanif juga menyebutkan bahwa YouTube sedang berupaya membuat trek audio yang diterjemahkan terdengar seperti suara content creator aslinya. Mereka juga ingin versi video dubbing atau hasil sulih suara tetap memiliki ekspresi dan gerakan bibir yang sama dengan aslinya. 

YouTube juga telah mengonfirmasi bahwa mereka berencana menggunakan AI generatif untuk menambahkan lebih banyak fitur ke Aloud, seperti mempertahankan suara asli content creator, meningkatkan transfer emosi, dan menghidupkan kembali gerakan bibir pada video.