Cara Menggunakan Fitur Create Radio di YouTube Music
Gaya Hidup

YouTube Music Akhirnya Rilis Fitur Lirik Lagu Secara Real Time, Tiru Spotify?

  • Simak penjelasan mengenai fitur lirik atau Lyrics lagu real time yang diberikan oleh YouTube Music. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - YouTube Music dilaporkan telah memperkenalkan fitur lirik secara real time di Android dan iOS. Hal ini akan semakin meningkatkan pengalaman pengguna mendengarkan musik atau lagu di platform tersebut. Fitur ini tentu sudah tidak asing bagi Anda yang sering mendengarkan lagu lewat Spotify, di mana Spotify sendiri sudah terlebih dahulu merilis fitur lirik secara real time ini kepada penggunanya.

Seperti yang dilansir Trenasia.com dari Mint pada Senin, 4 September 2023, fitur ini akan menawarkan lirik lagu yang interaktif dan diperbarui secara dinamis dengan desain yang ditingkatkan serta disesuaikan dengan musik yang sedang didengarkan. Akan tetapi, ternyata fitur lirik lagu real time ini belum tersedia untuk semua lagu. Namun, pembaruan yang akan datang diklaim mampu menjanjikan cakupan yang lebih luas. Selain itu, pengguna mungkin perlu memulai ulang atau restart aplikasi jika ingin mengakses fitur ini.

Seperti informasi dari 9to5Mac, fungsi lirik lagu secara real time tersebut kini tersedia di aplikasi YouTube Music untuk perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS. Untuk menggunakan fitur musik yang interaktif ini, Anda diharuskan melakukan update aplikasi YouTube Music ke versi 6.15 jika menggunakan perangkat Android atau versi 6.16 jika menggunakan perangkat iOS.

Bagi Anda yang rutin menggunakan YouTube Music, tab Lirik atau Lyrics ini akan muncul di bagian Now Playing yang merupakan fitur yang cukup populer bagi pengguna. Meski mampu memenuhi fungsinya, fitur ini justru dinilai tidak menawarkan tingkat interaksi seperti yang awalnya diinginkan.

Dengan munculnya lyrics atau lirik lagu secara live atau real time, maka akan memberikan transformasi yang luar biasa pada tab Lyrics tersebut. Fitur tersebut akan menampilkan tata letak yang diperbarui dengan teks yang lebih mudah dibaca serta spasi yang lebih baik. Akan tetapi, daya tarik sebenarnya justru kemampuan adaptasi dari fitur tersebut terhadap musik yang dimainkan. Ketika lagu dimulai, baris lirik lagu saat ini akan tampak jelas dalam warna putih, sedangkan baris lirik sebelumnya akan dengan anggun mulai memudar seperti warna background. 

Selain itu, halaman YouTube Music juga akan diperbarui dengan mulus saat lagu berlanjut ke baris lirik berikutnya sehingga akan tetap sinkron secara sempurna dengan ritme musik yang didengarkan. YouTube Music menyediakan detail elegan dengan latar belakang cover album yang buram dilengkapi dengan not musik yang menandakan kemunculan lirik lagu.

Kekurangan Fitur Lyrics atau Lirik Lagu Real Time YouTube Music

FItur ini mungkin dinanti-nanti oleh para pengguna YouTube Music, akan tetapi penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua lagu saat ini mampu menampilkan fitur lirik secara real time. Untuk lagu yang belum melakukan transisi, lirik lagu statis konvensional akan tetap tersedia. Namun, tidak menutup kemungkinan seiring dengan kemajuan YouTube Music, Lyrics lagu real time atau live akhirnya akan menjadi standar untuk lebih banyak lagu di masa depan.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur lirik atau Lyrics lagu real time yang diberikan oleh YouTube Music. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?