<p>Petugas PGN tengah melakukan pengecekan rutin Gas Engine di Plaza Indonesia/ Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Yuk Beralih dari LPG ke Jargas, Simak 5 Langkah Mudah Berlangganannya

  • PT. Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melayani kebutuhan energi masyarakat Indonesia dengan penyediaan GasKita, Energi terjangkau yang aman dan praktis untuk keperluan rumah tangga dan usaha kecil.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk mulai beralih menggunakan gas bumi. Sejalan dengan itu, minat masyarakat terhadap gas bumi juga meningkat, sebab tarifnya terjangkau.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melayani kebutuhan energi masyarakat Indonesia dengan penyediaan GasKita, Energi terjangkau yang aman dan praktis untuk keperluan rumah tangga dan usaha kecil.

Di segmen rumah tangga, PGN menyediakan gas bumi untuk kegiatan memasak, pemanas air, pengering pakaian serta peralatan yang menggunakan gas lainnya.

Sementara itu, PGN juga menjangkau segmen lain yaitu pelanggan kecil seperti  rumah sakit, tempat ibadah, rumah makan, perkantoran, dan kegiatan komersial sejenisnya.

Sebelum beralih ke jaringan gas bumi (Jargas), Anda bisa terlebih dahulu menghitung perkiraan kebutuhan dan biaya gas bumi di laman pgn.co.id.

Lalu bagaimana cara untuk memasang jargas? Berikut TrenAsia rangkum 5 cara berlangganan jargas.

1. Pengisian Formulir Berlanggan
Setelah memastikan rumah Anda dilalui jargas, lakukan pengisian formulir berlangganan gas yang dapat diperoleh melalui PGN contact center 1500 645 atau melalui online di laman PGN. Sertakan data fotocopy KTP, rekening listrik, dan Kartu Keluarga.

2. Survei Lokasi 
Petugas PGN akan menghubungi calon pelanggan dengan melakukan verifikasi, pengumpulan data, dan mendiskusikan rencama kebutuhan gas calon pelanggan.

3. Penandatanganan Perjanjian 
Calon Pelanggan dan PGN akan menandatangani perjanjian jual beli gas setelah seluruh proses evaluasi yang dilakukan selesai. Hal itu juga memastikan bahwa rumah pelanggan selesai di evaluasi dan siap dilakukan pemasangan gas.

4. Penyiapan Infrastruktur Berlangganan Gas
PGN akan menyiapkan infrastruktur gas mulai dari jaringan pipa induk sampai stasiun pengukuran gas di lokasi pelanggan. Sedangkan calon pelanggan harus melakukan pembangunan pipa instalasi dalam serta kesiapan peralatan yang akan menggunakan gas.

5. Pelaksanaan Gas In
Terakhir, pelaksanaan Gas In adalah pengaliran gas ke pemilik pelanggan yang menggunakan gas dan dilakukan setelah seluruh proses diatas selesai dilaksanakan.