<p>Nampak pekerja melakukan scan QR sebagai aduan mengenai sejumlah permasalahan terkait pembayaran tunjangan hari raya di Posko THR Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang , Selasa 11 Mei 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Nasional

Yuk Kenali 4 Kelebihan Melakukan Pembayaran dengan QR Code

  • QR Code Payment atau Quick Response Code Payment merupakan sistem pembayaran tanpa uang maupun kartu dengan cara kerja menggunakan scanning kode.
Nasional
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – QR Code Payment atau Quick Response Code Payment merupakan sistem pembayaran tanpa uang maupun kartu dengan cara kerja menggunakan scanning kode.

Dalam pekembangan digital banking, dihasilkan produk-produk yang membantu keseharian para nasabah. Salah satu produk digital banking yang sangat membantu nasabah adalah QR Code. Produk ini merupakan alat praktis dalam melakukan transaksi, seperti pembayaran dan transfer.

Dengan adanya QR Code ini, pengguna tidak perlu menggunakan nomor rekening untuk melakukan transaksi transfer maupun pembayaran. Cukup dengan melakukan scan QR Code transaksi sudah dapat dilakukan. Ada beberapa kelebihan penggunaan QR Code :

1. Mudah dan Hemat waktu
 

Pengguna QR Code ini hanya perlu melakukan scan untuk bertransaksi, sehingga dapat menghemat waktu dan mudah dilakukan. Sebagai gambaran, saat ingin melakukan pembayaran, anda hanya perlu melakukan scan QR code pada kode yang sudah disiapkan untuk pembayaran.

2. Sistem Keamanan Terjamin

Meskipun transaksi menggunakan QR Code sangat mudah dilakukan, namun transaksi menggunakan metode ini sangat aman. Hal ini dikarenakan QR Code setiap pengguna memiliki kode unik yang tidak dimiliki pengguna lainnya. Selain itu, setiap transaksi yang menggunakan QR Code akan tercatat dengan baik oleh sistem digital banking. Dengan begitu keamanan transaksi pengguna QR Code terjamin,

3. Praktis hanya menggunakan Smartphone

Saat ini sebagian besar masyarakat sudah menggunakan smartphone. Ketika melakukan transaksi dengan QR Code, smartphone merupakan salah satu benda wajib yang diperlukan. Smartphone berfungsi untuk melakukan scan QR Code, sehingga transaksi dapat dilakukan. Penggunaan smartphone dalam transaksi QR Code membuatnya menjadi lebih praktis.

4. Terdapat banyak promo

Dikarenakan sistem pembayaran QR Code terbilang baru dikalangan masyarakat Indonesia, produk ini menawarkan promo-promo menarik. Dengan memanfaatkan promo menarik ini, pengguna mendapatkan beberapa keuntungan, seperti potongan harga, voucher diskon, dan cashback.