<p>Pendaftaran program kartu prakerja tahun 2021 / Prakerja.go.id</p>
Nasional

Yuk Serbu! Pemerintah Sudah Buka Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22

  • Pemerintah resmi membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 22 pada Senin, 25 Oktober 2021. Simak pendaftarannya agar lolos seleksi.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- Pemerintah resmi membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 22 pada Senin, 25 Oktober 2021. Pembukaan pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 22 diumumkan melalui akun Instagram @prakerja.go.id.

"Gelombang 22 Kartu Prakerja telah dibuka. Kunjungi situs resmi kami di www.prakerja.go.id untuk membuat akun dan mengikuti seleksi Kartu Prakerja," bunyi pengumuman pemerintah.

Dalam pengumuman tersebut, pemerintah mengatakan bahwa pendaftaran akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. Pemerintah berharap calon peserta dapat mengisi data-datanya dengan benar sehingga bisa terverifikasi.

"Proses seleksi tidak berdasarkan siapa yang mendaftar pertama," terang pejabat pemerintah dalam pengumuman itu.

Beberapa langkah penting yang wajib diperhatikan dalam proses pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22 sebagai berikut.

  1. Buka situs www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer
  2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK
  3. Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar
  4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online
  5. Klik 'Gabung' pada Gelombang yang sedang dibuka
  6. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang di dashboard.

Jika lolos dalam seleksi pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22 peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp2,55 juta.

Rincian insentif ini terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp2,4 juta yang akan diberikan bertahap yakni Rp600 ribu selama 4 bulan, serta dana insentif pengisian 3 survei dengan total Rp150 ribu.

Untuk informasi lengkap seputar pendaftaran Kartu Prakerja, kamu bisa membacana pada situs www.prakerja.go.id/tanya-jawab.

Sudah Cairkan Rp9,52 Triliun

Selama tahun ini, pemerintah sudah mencairkan sekitar Rp9,52 triliun anggaran untuk insentif Kartu Prakerja.

Nilai tersebut terhitung untuk 10 gelombang program Kartu Prakeja yang dilaksanakan sejak Januari 2021 dengan penerima 5.910.462 orang.

Dari jumlah itu, sekitar 94% atau 5.561.504 orang telah menyelesaikan pelatihan, kemudian 91% atau 5.397.784 orang telah mendapatkan insentif.

Sementara, total pendaftaran sejak awal Kartu Prakerja dibuka hingga 12 Oktober 2021 sekitar 75 juta orang dan total penerima sekitar 11 juta orang, dari 34 Provinsi dan 514 Kab/Kota di seluruh Indonesia.

Sementara untuk tahun depan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran senilai Rp11 triliun untuk insentif Kartu Prakerja.*